Wakil Bupati Tuba Canangkan Gasibu

0
93
views

TRANSLAMPUNG.COM, MENGGALA- Wakil Bupati Tulang Bawang, Heri Wardoyo,SH, melakukan pencanangan Gerakan Kasih Ibu (Gasibu) Dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germasi), di Kampung Karya Bhakti Kecamatan Meraksa Aji Kabupaten Tulang Bawang, Kamis(24/8).

Wakil Bupati Tulang Bawang, Heri Wardoyo,SH, mengatakan, bahwa Gerakan Kasih Ibu adalah Suatu Gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat, bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, yang memiliki tiga unsur Pokok GASIBU yaitu, Pertama ,Gerakan Kasih Ibu merupakan gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat bersama dengan pemerintah. Kedua Gerakan Kasih Ibu mempunyai tujuan untuk peningkatan dan perbaikan kualitas hidup perempuan sebagai sumber daya manusia. Ketiga, Gerakan Kasih Ibu bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu karena hamil, melahirkan,” Betapa pentingnya kegiatan Gerakan Kasih Ibu, karena memiliki tujuan yang mulia yaitu Meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak melalui upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi, Meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku suami istri dan masyarakat mengenai hak-hak Reproduksi dan Kesehatan Reproduksi, Menghilangkan hambatan-hambatan yang mempengaruhi upaya peningkatan kualitas hidup perempuan.” ujarnya.

Heri, juga mengatakan, Yang menjadi sasaran strategis dari Gerakan Kasih Ibu yaitu, bagi pasangan yang akan menikah (Calon Penganten), Pasangan Usia Subur, Ibu hamil, bersalin dan nifas, Ibu menyusui masa perawatan bayi, Pria/Suami dan seluruh anggota keluarga. Ada pun sasaran tidak langsungnya adalah Sektorterkait, Institusi kesehatan, Institusi Masyarakat, Tokoh masyarakat dan agama, Kaum bapak/pria dan Media massa,” Saya berharap kepada seluruh masyarakat Tulang Bawang, khususnya di Kecamatan Meraksa Aji, agar dapat meningkatkan kesadaran betapa pentingnya pola hidup sehat, karena dengan hidup sehat, maka hidup kita lebih bermakna dan bermanfaat. Tidak berguna harta berlimpah ketika kita sakit, maka akan habis juga untuk biaya berobat. Oleh karena itu, lebih tepatnya SEHAT adalah harta yang tak ternilai yang patut kita jaga,” tambahnya.

Selain itu acara Pencanangan Gerakan Kasih Ibu (Gasibu) Dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germasi) dilakukan juga seremonial pemberian Vitamin A. Obat cacing, HP android untuk bidan-bidan desa untuk pendataan Keluarga Sehat dan pemberian sayuran untuk Ibu Hamil oleh Wakil Bupati Tulang Bawang, Heri Wardoyo, SH yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hery Novrizal. (als)