Waduh, Pendistribusian 60 Ribu KIS Tahap II masih Molor

0
333
views

KOTAAGUNG – Pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahap II hingga kemarin (31/3), masih molor dan belum jelas kapan realisasinya.‎ Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus pun belum bisa memastikan kapan KIS tahap II diterima masyarakat. Sebab sampai saat ini, diskes setempat belum menerima surat pemberitahuan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sebagai pihak yang berwenang mengeluarkan KIS.

Hal itu dibenarkan Sekretaris Diskes Tanggamus Taufik Hidayat, mendampingi Kepala Diskes Sukisno. Taufik mengakui, pendistribusian KIS memang merupakan wewenang diskes. Dalam hal ini, mereka bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Diskes di setiap kecamatan dan aparatur pekon/kelurahan.

“Kami baru mendistribusikan KIS tahap I, sebanyak 15 ribu pada Oktober 2015 lalu. Awalnya, rencana pendistribusian KIS tahap II sebanyak 60 ribu, dilakukan Desember 2015. Tapi nyatanya hingga kini, kami (Diskes Tanggamus) belum menerima surat pemberitahuan lagi dari BPJS,” ujar Taufik Hidayat.

Ia juga menjelaskan, bahwa terkait data penerimaan KIS sempat mengalami sedikit permasalahan. Yaitu, data masyarakat yang tidak aktif lantaran sudah berpindah domisili, tetapi datang kembali. Dengan demikian, Diskes Tanggamus harus mengaktifkan kembali ke pusat. Namun semua masalah tersebut sudah selesai, tinggal menunggu pemberitahuan pendistribusiannya dari BPJS.

Penerima atau pemegang KIS, lanjut Taufik, merupakan masyarakat miskin yang sebelumnya merupakan peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Kabupaten Tanggamus. Jumlahnya sebanyak 293.685 peserta. Mereka semua, nantinya akan menerima KIS. Walaupun saat ini KIS belum diterima sepenuhnya oleh peserta, kartu Jamkesmas masih tetap berlaku. Jika masyarakat ingin berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ataupun rumah sakit swasta yang telah bekerjasama dengan BPJS.

LEAVE A REPLY