Waduh Ngeri, Ladang Ganja 1 Hektar Ditemukan di Sungai Ceper

0
585
views

translampung.com – Untuk pertama kalinya, ditemukan ladang ganja di kawasan Sungai Ceper, Kabupaten Ogan Komering Ilir yang berbatasan dengan Provinsi Lampung. Luasnya sekitar satu hektar Selasa (12/4), jajaran Polres OKI telah berada di ladang ganja tersebut.

“Ada sekitar 1.170 batang ganja yang kami amankan, saat ini kami masih berada di lokasi,” ungkap Kapolres OKI, AKBP M Zulkarnaen, SIK melalui Kabag Ops Kompol I Ketut Suarnaya SIK.

Polisi juga menemukan dua pondok tempat perakitan senjata api (senpi) di ladang tersebut. Ditemukan selongsong peluru, dan beberapa bagian senpi rakitan yang telah selesai dibuat serta peralatan untuk membuat senpi.

Kades Sungai Ceper, Muliyadi mengatakan, lokasi ladang ganja tersebut berada di hutan rawa. Jaraknya sekitar enam kilometer dari pusat desa. Untuk tiba di sana harus melalui jalur tikus. Ganja ditanam dalam polybag. Belum diketahui siapa pemilik ladang itu.

“Dugaan sementara, pohon ganja tersebut ditanam warga sekitar tapi hanya dipekerjakan sebagai petani. Diperkirakan ada pemasok dari luar,” jelasnya. Dalam penyisiran di ladang itu, sebagian pohon ganja telah dimusnahkan di lokasi.

Camat setempat, Bahrul Amik membenarkan adanya penemuan ladang ganja tersebut. “Saat ini kami bersama pihak kepolisian masih melakukan penyisiran,” katanya. Rata-rata ketinggian pohon ganja yang ditanam sudah mencapai dua meter.

“Diperkirakan umur tanaman ganja itu 4-5 bulan,” imbuhnya. Informasi adanya ladang ganja itu sudah terdengar setahun terkahir. Tapi belum diketahui dimana lokasi persisnya. “Warga bungkam dan belum memberikan informasi,” tandasnya. (tnn)

LEAVE A REPLY