Waduh, Akses ke Lokasi Wisata Kiluan Tersendat‎!

0
338
views
 
KELUMBAYAN BARAT – Akses menuju lokasi wisata Pantai dan Pulau Kiluan via jalur darat, saat ini tersendat. Kendaraan roda empat dari maupun ke obyek wisata andalan Kabupaten Tanggamus tidak bisa melintas, lantaran dua jembatan di Pekon Kiluan, Kecamatan Kelumbayan Barat nyaris putus. Jembatan semi permanen buatan tahun 2009 silam itu, rusak parah akibat diterjang banjir bandang pada Kamis (31/3) sampai Jumat (1/4) subuh.
Selain merusak dua jembatan yang letaknya berdekatan itu, banjir juga merendam sedikitnya 20 rumah di Pekon Kiluan. Kepala pekon setempat, Kadek Sukresene mengatakan, banjir terjadi sejak Kamis pukul 17.00 WIB, dan baru surut pada Jumat menjelang subuh. Puncak banjir menurut Kadek, terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu, gelombang banjir bandang benar-benar besar dan membuat jembatan rusak.
“Banjir kemarin ini, akibat meluapnya air Waykiluan, karena kondisi hujan di bagian hulu yang lebat. Namun kondisi sungai juga sudah dangkal. Sehingga air menerjang jembatan, sisanya meluap keluar dari alur sungai dan menggenangi sekitar 20 rumah warga. Rumah warga yang terendam, sebagian besar karena letaknya bersebelahan dengan sungai. Sehingga, air meluap dan langsung merendam rumah mereka,” beber Kadek Sukresene, Minggu (3/4) sore melalui sambungan ponselnya.
Kepala pekon mengaku, banjir yang memutuskan dua jembatan tersebut, sangat menyulitkan warga. Baik warga lokal yang hendak berutinitas, maupun warga luar yang akan berwisata ke Kiluan.‎ Letak kedua jembatan yang kondisinya rusak parah, memang berdekatan. Jembatan-jembatan tersebut rusak karena bagian pondasi tergerus air sungai. Sedangkan untuk jembatan sendiri tidak apa-apa, hanya pada bagian pondasi yang sekaligus oprit jembatan, ambrol dan ambles. Akibat hal itu jembatan miring dan rawan roboh. Sehingga, tidak mungkin dilewati kendaraan.‎

LEAVE A REPLY