. . .

Wabup Terpilih: Postur APBD 2019 Selaras dengan 55 Program Aksi ASIK

image_print

Foto: DISKOMINFOSANDI TANGGAMUS

SINKRONISASI PROGRAM: Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin bersama seluruh Kepala OPD mensinkronkan penyusunan draft APBD 2019 dengan Wabup Terpilih A.M. Syafi’i (kanan) untuk mewujudkan 55 Program Aksi ASIK Dewi Handajani – A.M. Syafi’i.

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus terpilih, Hj. Dewi Handajani,S.E., M.M. – Hi. A.M. Syafi’i dilantik kisaran medio September ini. Sebelum dilantik, pasangan terpilih tersebut harus mensinkronisasi program kerja dengan formulasi draft awal Anggaran Pendapatan dan Belanja 2019. Agar program kerja bernama 55 Program Aksi ASIK yang dijanjikan saat kampanye, dapat diwujudkan.

Dalam rangka sinkronisasi program APBD 2019 dengan 55 Program Aksi ASIK tersebut, Wabup Tanggamus terpilih, A.M. Syafi’i mengadakan pertemuan dengan Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T. beserta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Syafi’i mengatakan, bahwa secara garis besar 55 Program Aksi ASIK sudah ter-cover dalam APBD 2019. Tahapannya dimulai dari penyusunan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

“Sesuai dengan perundang-undangan, bahwa program kampanye dari Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus harus disinkronkan (dengan APBD) sehingga klop. Dan apa yang dipaparkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dalam pertemuan, sebagian besar sudah mengakomodir program kami,” tegas Syafi’i.

Dia melanjutkan, APBD 2019 yang sedang disusun Pemerintah Kabupaten Tanggamus nanti harus “sehat”. Dalam artian tidak ada defisit anggaran. Namun semua program diupayakan bisa masuk.

“Untuk menyiasatinya, harus menyesuaikan dengan anggaran. Caranya volume dikurangi. Misal pengadaan alat ultra sonografi (USG), dari 22 puskesmas, kita coba anggarkan untuk 5 puskesmas dulu. Sisanya bertahap. Kemudian untuk program satu pekon satu ambulans, kita juga bersinergi dengan pemerintah pekon. Dengan harapan nanti ada dana sharing dari pekon,” jelas politisi PDI Perjuangan itu.

Kepala Bappeda Tanggamus Hi. Hendra Wijaya Mega mengatakan, dalam pertemuan dengan Wabup Tanggamus terpilih itu, disampaikan draft awal KUA-PPAS 2019 berdasarkan visi dan misi Bupati dan Wabup Tanggamus terpilih.

“Intinya kami memaparkan program kerja seluruh OPD berdasarkan 55 Program Aksi  ASIK,” ungkap Hendra Wijaya Mega.

Kepala Diskominfosandi Kabupaten Tanggamus, Drs. Sabaruddin kembali menegaskan, bahwa pertemuan Pj. Bupati Zainal Abidin dengan Wabup Tanggamus terpilih itu, untuk mensinkronkan APBD 2019 dengan program bupati terpilih.

“Pertemuan bupati dan wakil bupati terpilih menjelang pelantikan ini memang sudah diatur dalam undang-undang. Tujuannya untuk sinkronisasi APBD 2019 dengan 55 Program Aksi ASIK,” ujar Sabaruddin.

Dari 55 Program Aksi ASIK tersebut, dia menambahkan, postur APBD 2019 secara besar sudah ter-cover. Meskipun ada yang harus dipenuhi secara bertahap.

“Ya dari 55 Program Aksi ASIK itu sebagian besar sudah masuk. Ada yang bertahap realisasinya. Lalu bagi yang kurang maksimal lebih dimaksimalkan lagi,” tandas Sabaruddin. (ayp)