Wabup Loekman Hadiri Upacara Ngenteg Linggih

TRANSLAMPUNG.COM, SEPUTIHRAMAN – Ditengah kesibukan dari sosok Wakil Bupati (Wabup) Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto yang sibuk mengurus roda pemerintahan Kabupaten Lamteng. Dirinya dapat menyempatkan hadiri dalam upacara Ngenteg Linggih di Kampung Rama Nirwana, Kecamatan Seputihraman, Lamteng, Kamis (28/6).

Hal itu membuat umat Hindu di Kampung Rama Nirwana menjadi senang atas kehadiran Wabup Lamteng Loekman Djoyosoemarto di wilayah mereka. Pasalnya, tamu agung yang mereka harapkan dapat hadir saat upacara yang sangat sakral bagi mereka.

Ketua Pantia Ngenteg Linggih I Ketut Sutana mengatakan pihaknya mewakili masyarakat Kampung Rama Nirwana mengucapkan rasa terimakasih atas kehadiran Wabup Lamteng Loekman Djoyosoemarto. Dimana ditengah kesibukan beliau dapat menghadiri upara puncak ngenteg linggih Kampung Rama Nirwana.

”Saya selaku perwakilan masyarakat Kampung Rama Nirwana mengucapkan rasa senang kami atas kehadirian Wabup Loekman Djoyosoemarto. Diaman kegiatan hari ini merupakan upacara sakral untuk kampung kami kedepannya,” ujarnya.
Sementara itu, Wabup Loekman Djoyosoemarto dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmatnya acara ini dapat terlaksana sesuai dengan harapan panitia. Bukan hanya itu saja, nikmat sehat yang dianugrahkan membuat panitia serta tamu undangan dapat menghadiri upacara yang sakral ini dalam keadaan baik dan sehat semua.

”Kita ketahui Kabupaten Lamteng merupakan kabupaten yang kaya. Terutama kaya akan kebudayaan. Salah satunya umat Bali Hindu juga merupakan kekayaan budaya Lamteng,” kata Loekman.
Pihaknya menjelaskan, Kabupaten Lamteng ini terdiri dari multi etnis, budaya, suku dan agama. Maka merupakan tanggung jawab yang berat bagi pemimpin untuk menjaga perbedaan itu.

”Namun Kami percaya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, jikalau hambanya dengan kesungguhan untuk berusaha menjaga persatuan dan kesatuan umat beragama, semua pasti dapat terwujud. Kami percaya umat Hindu adalah warga yang baik. Dimana memahami hak dan kewajiban serta mematuhi Swadharma terhadap agama maupun negara,” ujarnya.

Masih dikatakannya, hari ini adalah upacara ngenteg linggih Pura Puseh atau Tri Kayangan di Kampung Rama Nirwana. Dimana acara tersebut merupakan pengukuhan tempat suci bagi umat Hindu.

”Saya berharap dengan dikukuhkannya Pura ini melalui upacara besar seperti ini, semoga semua umat di lingkungan Kampung Rama Nirwana selalu menjaga keharmonisan. Baik terhadap sang pencipta sesama manusia dan juga lingkungan untuk mewujudkan kebahagian di dunia serta untuk mencapai moksa sesuai dengan tujuan dari ajaran agama Hindu,” pungkasnya. (cw23/jar)

News Reporter