. . .

Virus FIFA, Bintang Bertumbangan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LIVERPOOL, FIN—Jeda internasional Oktober ini memakan banyak korban lagi. Beberapa pemain bintang yang membela negara mereka di pertandingan internasional tumbang dan pulang ke klub membawa cedera.

Di antara semua klub top Eropa, Liverpool mungkin paling khawatir dengan Virus FIFA kali ini. Tiga pilar mereka, Mohamed Salah, Virgil van Dijk, dan Sadio Mane dilaporkan langsung masuk ruang perawatan untuk bergabung dengan kapten tim, James Milner setelah kembali ke Anfield.

Salah mengalami cedera hamstring saat membela Mesir menghadapi Swaziland di kualifikasi Piala Afrika, akhir pekan lalu. Top skor Premier League musim 2017/2018 itu terpaksa dipulangkan awal pekan ini dan melewatkan laga kedua negaranya yang kembali menghadapi Swaziland.

Sebuah pernyataan dari Asosiasi Sepak Bola Mesir berbunyi, “Javier Aguirre [Manajer Mesir] telah memutuskan untuk membiarkan Mohamed Salah kembali ke klubnya dan tidak berpartisipasi dalam pertandingan Swaziland pada hari Selasa untuk memberinya lebih banyak istirahat.”

“Selama pertandingan sebelumnya melawan Swaziland, Salah mengeluhkan gangguan di otot muskuloskeletal. Dia diperiksa secara medis dan X-ray dilakukan di area yang dikeluhkan setelah pertandingan,” lanjut pernyataan tersebut.

Kabarnya, Salah sudah diperiksa tim medis Liverpool. Dan Mirror mengklaim cedera pemain berusia 26 tahun itu tidak serius dan kemungkinkan bisa kembali ke pelatihan akhir pekan ini untuk persiapan menghadapi Huddersfield di Premier League, akhir pekan nanti.

Van Dijk yang kembali mengalami cedera tulang rusuk saat Belanda menang 3-0 atas Jerman juga pulang lebih awal ke Liverpool dan melewatkan pertandingan kontra Belgia, dinihari tadi. Namun, Pelatih Belanda, Ronald Koeman, mengatakan Liverpool tidak perlu khawatir.

“Dia kembali ke Liverpool tetapi dia siap bermain untuk minggu depan. Ia beristirahat. Staf medis dari tim nasional Belanda berbicara dengan staf medis Liverpool dan membuat keputusan bahwa dia hanya bermain di pertandingan Jerman dan kemudian setelah itu [dia akan kembali] ke Liverpool. Dia siap bermain akhir pekan depan,” jelas Koeman dikutip dari Express.

Tapi Sadio Mane sepertinya tidak seberuntung rekan-rekannya. Penyerang tim nasional Senegal itu diklaim mengalami patah ibu jari tangan kiri. Dalam laporan The Sun, Sane tampak di rumah sakit dengan perban di tangannya. Ada juga foto yang menunjukkan bagian dari tangannya yang patah. Senegal dan Liverpool sendiri belum belum mengkonfirmasi kondisi Sane.

Virus FIFA juga membuat cemas Manchester United. Menurut HLN, Nemanja Matic, Marouane Fellaini, dan Luke Shaw mengalami cedera dalam tugas internasionalnya. Itu tentu kabar buruk sebab Jose Mourinho dan pasukannya akan mengunjungi Chelsea pada hari Sabtu mendatang. Chelsea sendiri hanya menerima berita buruk dari bintang muda mereka, Ethan Ampadu yang cedera saat Wales kalah 1-4 dari Spanyol.

Klub lain yang tak kalah cemas dengan kondisi pemainnya pasca jeda internasional adalah Barcelona. Dikutip dari Football Espana, Thomas Vermaelen mengalami hamstring saat membantu Belgia mengalahkan Swiss. Dan Barcelona telah mengkonfirmasi Vermaelen akan absen setidaknya enam pekan.

Absennya pemain berusia 32 tahun itu membuat Raksasa Catalan kini hanya punya dua bek tengah; Gerard Pique dan Clement Lenglet. Palang pintu andalan mereka lainnya, Samuel Umtiti sudah lebih dulu divonis menepi beberapa bulan akibat masalah lutut.

Pemain lain yang terjangkit virus FIFA, yakni bek Bayern Munchen, Jerome Boateng. Pemain senior Jerman itu cedera ketika menghadapi Belanda. Selain itu ada juga nama bek Real Madrid, Raphael Varane yang cedera saat Prancis menjamu Islandia. Gareth Bale juga pulang lebih awal ke Madrid dan melewatkan laga Wales kontra Irlandia karena masalah pangkal paha. (FIN)