Usia Randis Kepala SKPD tua, layak diremajakan

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA-Usia mobil kendaraan dinas (Randis) yang diperuntukkan bagi para pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) saat ini rata-rata di usia atas 10 tahun. Dengan kondisi randis yang tua tersebut, sangat berpengaruh untuk mendukung operasional kerja.

Menurut Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Wahid mengatakan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), nomor 19 tahun 2016 tentang pengelolaan barang milik daerah. Didalam aturan tersebut, disebutkan bahwa batas usia randis untuk operasional pejabat dinas adalah 7 tahun, Sedangkan untuk Pejabat kepala daerah seperti bupati/wakil dan ketua DPRD batas usia kendaraan dinas adalah 5 tahun.

“Hampir mayoritas randis, yang digunakan oleh pejabat dinas di SKPD Lampung Selatan sudah melebihi batas usia yang ditetapkan oleh Permendagri. Untuk pengadaan randis tersebut dilakukan antara tahun 2005-2006 silam. Sehingga, bila dilihat dari usia kendaraan tentu sudah digunakan lebih dari 10 tahun,” kata Wahid saat ditemui diruang kerjanya, Senin (13/2).

Kalau dilihat dari aturan Permendagri, lanjut dia tentunnya sudah harus diganti atau dilakukan peremajaan bukan untuk perbaikan yang berdasarkan Permendagri tersebut.

“Terkait dengan anggaran untuk pengadaan randis tersebut, menjadi ranahnya pihak dari Bagian Perlengkapan Setdakab Lampung Selatan, kami hanya melakukan pendataan yang menjadi aset pemkab Lamsel,” jelas dia.

Dengan kondisi randis yang sudah tua saat ini, ditambahkan dia sudah banyak yang perlu diperbaiki. Terutama yang perlu diperbaiki itu adalah bagian kaki-kaki (randis) dan mesin.

“Jadi wajarlah kalau banyak keluhan dengan kodisi yang memang sudah tua.Tapi pengadaan randis itukan tidak bisa serta merta, karena yang melakukan pengadaannya (Bagian) Perlengkapan dan juga dilihat dari segi anggaran daerah,” imbuhnya.(Jhn)

News Reporter