Upaya Pencegahan Korupsi, Bupati Tubaba Ikuti Rapat Koordinasi Bersama KPK

TRANSLAMPUNG.COM‎, PANARAGAN -Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) jadwalkan pada Rabu (11/4/2018) lakukan rapat koordinasi terhadap Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bidang Deputi Pencegahan, dan sekaligus penandatanganan rencana aksi komitmen pencegahan korupsi di Kantor sekretariat Gubernur Provinsi Lampung.

Hal tersebut diungkapkan Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten setempat Agus Subagio, saat dijumpai translampung.com di ruang kerjanya, Selasa (10/4/2018) sekira pukul 10:45 WIB.‎

“Besok (hari ini) Bupati ikuti kegiatan dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi daerah dan sejumlah Satker terkait,  terutama pada Satker bidang Perencanaan, Pelayanan dan Perizinan,” kata Agus Subagio.

Lanjut dia,  setelah penandatanganan komitmen rencana aksi pencegahan korupsi, pihak KPK akan melakukan fungsi koordinasi supervisi terkait pelaksanaan aksi pencegahan korupsi tersebut.

‎”Ada beberapa poin penting yang menjadi pembahasan antara lain menyangkut masalah perencanaan, pelayanan dan sistem penganggaran, KPK akan mendorong setiap  Daerah untuk membangun sistem penganggaran secara elektronik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan lelang secara elektronik hingga pelayanan terpadu satu pintu,” katanya.

Dari seluruh poin kegiatan tersebut,  KPK berharap dapat terbangun dan dilaksanakan secara baik, maka akan bisa mengoptimalkan sistem perencanaan dan penganggaran sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga pencegahan korupsi di daerah dapat berjalan optimal.

‎”Semua yang berkaitan dengan keuangan Negara yang dikelola oleh Daerah Kabupaten khususnya Tubaba, harus terkelola dengan baik, bahkan termasuk dalam hal penggunaan Dana Desa (DD) yang masuk dalam rekening setiap Tiyuh di Kabupaten Tubaba,  untuk itu  perencanaan dan penggunaan Dana Desa masing-masing Tiyuh wajib tertata dengan baik, upaya mendukung program pencegahan korupsi yang dilakukan KPK,” iImbuhnya. (Dirman)

News Reporter