Unila Terima Akreditasi A

Kemenristekdikti Minta Tunjukan Kualitas ke Masyarakat

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Direktur Kelembagaan Tinggi Kemenristekdikti Toto Prasetyo serahkan Sertifikat Akreditasi A kepada Rektor Universitas Lampung Hasriadi Mat Akin sebagai Perguruan tinggi ke-26 yang ditetapkan Akreditasinya pada tahun 2016.

Unila ditetapkan terakreditasi A dengan Keputusan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor/2992/SK/BAN-PT/Akred/XII/2016. Dengan ditetapkannya menjadi Terakreditasi A, Unila diminta bisa mempertahankannya Selama lima tahun.

“Unila sendiri sudah masuk tujuh standar yang harus dipenuhi, Unila sudah dengan pertimbangan matang dan memenuhi syarat dan poin-poin dari 400, dan meminta kepada rektor bahwa tugas setelah ini bukan hanya mempertahankan saja tetapi bisa menunjukkan kualitas A kepada masyarakat sehingga bila ada laporan masyarakat dan terjadi pelanggaran BANPT bisa meninjau ulang, dan akreditasi ini berlaku selama lima tahun,” kata Toto di Gedung Serba Guna Unila, Jumat (3/2).

Menurutnya, program BANPT pada tahun 2016 Unila masuk dalam urutan ke 24.

“Unila masuk program pembinaan kami di 2016, sebelumnya ada 26 perguruan tinggi diakhir ada 50 berarti Unila masuk dalam urutan 24, dan mestinya prodi harus A bukan hanya akreditasinya saja,” tambah dia.

Disisi lain, Hasriadi Mat Akin mengatakan, akreditasi merupakan titik awal untuk menghadapi globalisasi, dengan salah satu strategi yang didukung melalui kebijakan mentransformasi anggaran PMDP.

“Kenaikan dana PMDP dari Rp1,5 miliar menjadi RP18,7 miliar, dan pada 2018 akan kita rencanakan sampai Rp20 miliar adalah salah satunya, dan aktivitas riset akan mendominasi. Karena riset itu meningkatkan pembelajaran dan lulusan yang bermutu, kita ingin dengan dosen mengupdate ilmu dari riset maka update pembelajaran yang tentunya berkualitas,” pungkasnya.(adv)

News Reporter