Unila Kaji Konflik Sosial di Lampung

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Wakil Rektor IV (Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi) Universitas Lampung (Unila), Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, M.Sc. menerima kunjungan Deputi Pengembangan Sekretariat Jendral Ketahanan Nasional Marsda TNI Khoirul Arifin, SE. MM, diruang Rektor Unila, Jum’at (17/2). Kunjungan tersebut bertujuan untuk bekerja sama dengan Unila guna mengkaji konflik sosial yang kerap terjadi di daerah-daerah konflik.

Deputi Pengembangan, Marsda TNI Khoirul Arifin mengatakan, bahwa seiring dengan beranekaragamnya suku yang telah membaur di Provinsi Lampung ini, menurut dia semakin rentan sekali akan terjadinya konflik, bahkan menurut dia, hal itu sering dimanfaatkan oleh sekumpulan orang yang memiliki kepentingan pribadi atau golongan.

“Kunjungan saya kali ini dalam rangka Silaturahmi dan menjalin kerjasama dengan Universitas Lampung, dan dalam hal ini untuk mengkaji konflik sosial. Kebetulan Lampung ini merupakan miniatur Indonesia, segala ras sudah ada segala suku juga sudah ada diprovinsi Lampung, dan bagai mana caranya untuk mengatasi konflik yang terjadi, karena ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin memecah belah,” ungkap Marsda TNI Khoirul Arifin kepada Trans Lampung, Jum’at (17/2).

Dia berharap, dalam kerjasama dalam mengkaji benih-benih konflik agar dapat diredam dan jangan sampai menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

“Saya berharap benih-benih konflik dapat segera dikaji dan menemukan cara untuk meredamnya,” imbuhnya.

Wakil Rektor IV Unila, Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, M.Sc. mengaku dari pihak Universitas sudah siap untuk bekerjasama dengan Sekretariat Jendral Ketahanan Nasional, karena dia menganggap hal itu juga menganggap sangat bermanfaat baik bagi Universitas maupun masyarakat nantinya.

“Kami dari pihak Universitas siap menjalin kerja sama untuk mengkaji Konflik sosial, Karena itu juga bermanfaat untuk mahasiswa dan masyarakat luas,” ucapnya.(hkw)
Caption Foto:

Wakil Rektor IV Unila, Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, M.Sc. menerima kunjungan Deputi Pengembangan Sekretariat Jendral Ketahanan Nasional Marsda TNI Khoirul Arifin.

News Reporter