Umar Ahmad Surati Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Usulkan Perubahan Gerbang Tol.

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN.

Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, H. Umar Ahmad,SP akan menyurati Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat, terkait nama gerbang tol Menggala yang terdapat di Kilometer 184 ruas jalan tol tran Sumatera, beberapa hari mendatang.

Dikatakan Umar Ahmad, bahwa pemerintah daerah Tubaba menindaklanjuti usulan dari Pemerintah Tiyuh Penumangan berdasarkan surat Nomor 236.8/310/TY-PN/TBTV/2019 tanggal 14 Mei 2019 perihal Penulisan Nama Gerbang Tol.

“Atas usulan masyarakat Tiyuh Penumangan, maka kami mendukung perubahan nama Gerbang Tol Menggala yang berada di Kilometer 184 jalan tol trans sumatera ruas Terbanggi Besar Simpang Pematang diganti menjadi Gerbang Tol Penumangan” kata Umar Ahmad saat dikutip translampung.com pada Selasa (21/5/2019)

Lanjutnya, bahwa lokasi gerbang tol tersebut berada di Tiyuh (Kampung) Penumangan Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat, sedangkan nama Menggala merupakan Kecamatan yang terdapat di wilayah Kabupaten Tulang Bawang.

“Ditempat lain penamaan gerbang tol berdasarkan nama dan tempat dimana gerbang tol tersebut berada, maka untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dan untuk menimbulkan rasa ikut memiliki dari masyarakat terhadap jalan tol yang ada bagi masyarakat adat Penumangan khususnya, dan masyarakat Tubaba pada umumnya, maka kita usul untuk diubah menjadi Gerbang Tol Penumangan” Imbuhanya. (Dirman)