UKM Penelitian Unila Bersama Almafika Sukses Selenggarakan Seminar Kepenulisan

0
419
views

UNIT Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKM-P) Universitas Lampung (Unila) bersama Aliansi Mahasiswa Pendidikan Fisika (Almafika) sukses menyelengarakan seminar Kepenulisan Karya tulis dan Jurnal Ilmiah, Sabtu (26/3)

Kegiatan yang dilakukan di Gedung L Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung, itu dimulai pukul 08.00- hingga 12.30 Wib. Seminar dibuka Ketua Jurusan Pendidikan Fisika, Drs. Eko Suyanto, M.Pd. narasumber di antaranya guru Berprestasi Nasional yakni Sadina M.Pd dan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu Sudibyo, M.Sc.

Seminar mengangkat tema “Menumbuhkan Jiwa Muda Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif, Melalui Menulis Ide Presentatif Menuju Unila Top Ten University”.

Menurut Sadina, hal terpenting dalam pembuatan karya tulis adalah rumusan masalah, di mana ketika rumusan masalah itu sudah terjawab berarti 50 persen karya tulis akan mudah diselesaikan.

“Intinya buatlah rumusan masalah yang baik, dan cobalah menjawabnya dengan kapasitas keilmuan,” tuturnya

Sedangkan Sudbyo mengungkapkan pentingnya karya tulis atau tulisan itu untuk dipatenkan dalam bentuk jurnal. Dengan begitu, apa yang dilakukan tidak hilang dengan sia-sia. “Penting membuat jurnal, apalagi jurnal internasional karena hal itu akan menjadi pertimbangan dari kualitas tulisan yang kta buat,” tutur alumnus UKM Penelitian Unila.

Seminar itudiikuti dengan penuh antusis peserta. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 130 mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan dan peserta dari luar Unila yaitu dari Polinela. (rls)

LEAVE A REPLY