Udo Zul-Ali Rukman Luncurkan Buku di Negarabatin

0
400
views
translampung.com – Penulis Zulkarnaen Zubairi kembali menunjukkan eksistensinya melalui karya terbarunya yang akan ia luncurkan bersama koleganya Ali Rukman yang rencananya akan dilounching di Gedung Umut Pelaksana Kegiatan PMPM Lampung Barat Pekon Gunung Sugih, Balik Bukit Liwa, Lampung Barat, Rabu (13/4) pukul 09.00 WIB mendatang.
Ketua Panitia peluncuran buku Ahmadi Putera Syahlewi mengatakan, dua buku yang akan diluncurkan adalah Ke Negarabatin Mamak Kenut Kembali karya Udo Z Karzi, dan Saya Belajar dari Sini : Pengalaman Mendampingi Masyarakat Lampung Barat karya Ali Rukman.
“Kedua buku tersebut diterbitkan Pustaka LaBRAK tahun 2016 ini. Untuk buku karya Udo Z Karzi berisi kolom terpilih dari 2009-2015 lalu. Sedangkan, buku karya Ali Rukman berisi pengalaman beliau selama mendampingi masyarakat di Lampung Barat sebagai fasilitator PMPM-MPd sejak 2010 silam,” ujar Achmadi , Minggu (10/4).
Sementara itu, Udo Z Karzi mengatakan, buku karyanya tersebut murni hasil gagasan dan pemikirannya selama menjadi penulis. “Ini bukan soal pilkada. Hanya percikan gagasan, pemikiran dan sedikit pengalaman dari penulis,” ujar Udo.
Dalam buku tersebut, Bakal calon Bupati Lampung Barat ini banyak menulis soal demokrasi, kemiskinan, kriminaloitas dan berbagai patologi sosial. “Buku yang segera kita luncurkan ini juga membahas tentang sisi ekonomi dan budaya di Lampung,” ujarnya.
Sebagai budayawan, buku ini menurutnya sangat kental dengan perspektif kebudayaan, sehingga kolom-kolomnya terasa getir, reflektif, terkadang lucu.
Terpisah, Ketua Umum Dewan Pengurusa Daerah Ikatan Pelaku Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (DPD IPPMI) Lampung 2013-2016 Ali Rukman mengatakan jika dirinya menulis tidak berambisi untuk menyajikan sebuah tujuan besar yang didukung oleh kata atau rumus-rumus matematika dan kimiawi.
“Tulisan-tulisan saya lebih merupakan lamunan, uneg-uneg yang relevan, dan membumi berdasarkan pengalaman di lapangan,” kata Ali. (rls)

LEAVE A REPLY