UBL Tuan Rumah Bukber Alumni IPB Lampung 2017

0
442
views
MENYINERGI : Bukber Alumni IPB Lampung di Auditorium Gedung M, Kampus B, Pascasarjana Dra. Hj Sri Hayati Barusman, Jumat (16/6/2017) menyinergikan peran alumni dalam memajukan daerah. (Dok. Foto BMHK UBL-UBL Production)

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Universitas Bandar Lampung (UBL) mendapat keistimewaan menjadi tuan rumah buka puasa bersama (bukber) alumni Intitut Pertanian Bogor (IPB) 2017, dipenghujung bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah.

Terpusat di Auditorium Gedung M, Kampus B, Pascasarjana Dra. Hj Sri Hayati Barusman, Jumat (16/6) ini dihadiri para alumni, dalam naungan Himpunan Alumni Dewan Perwakilan Daerah (HA-DPD) IPB Lampung. Seperti, Pengurus HA DPD IPB Lampung Dr. Ir. H. M Yusuf. S. Barusman, MBA, Anggota Dewan Penasehat HA DPD IPB Lampung, seperti Ir. Hanan A. Rozak., MS dan Dr. H. Syamsul Arif. Kegiatan ini juga diisi ceramah agama dari Ustadz Drs. Amir.

Dalam sambutannya, Yusuf Barusman menerangkan dasar terselenggara Bukber diinisiasi dua pucuk pimpinan alumni, yakni Ketua Umum HA DPD IPB Lampung Ir. Sutono, MM dan Ketua Harian HA DPD IPB Lampung Ir. Agus Wahyudi.

“Penunjukan (tuan rumah) ini penghormatan besar bagi kami (UBL), karena menyelenggarakan kegiatan bernuansa regilius,dan humanis. Tapi juga syarat bermakna akademis. (Bukber) Ini media baik dalam menjalin silaturahmi. UBL akan selalu menyuport full eksistensi kegiatan Alumni IPB Lampung seperti ini, sekarang dan akan datang,”ujar pria yang juga Rektor UBL ini.

Yusuf mengapresiasi terpilihnya UBL sebagai tuan rumah bukber, karena kegiatan yang hanya marak dibulan Ramadhan ini, dapat digunakan para alumni IPB Lampung sebagai ajang sharing pengetahuan dan bertukar pandangan, dalam memajukan Provinsi Lampung.

“Saya pribadi memantau terus kegiatan para alumni, lewat media dan jejaring sosial. Meski ditengah kesibukan dapat terus aktif (bersilaturahmi), saling memonitor, berkomunikasi, dan berbagai hal. Kita bersyukur alumni IPB di Lampung, yang masuk angkatan 50, kontribusinya nyata dalam pembangunan daerah (Lampung),”ujar alumi IPB angkatan 23 ini.

Yusuf membeberkan UBL sendiri memiliki tiga alumni IPB,selain dirinya ada Direktur Pascasarjana Dr. Ir. Agus Wahyudi, M.Si ; dan Direktur Penjaminan Mutu Dr. Budi Waskito, M.Si. “Alhamdulillah para alumni IPB sudah mewarnai berbagai institusi di Lampung. Kita bersyukur aplikasi kualitas alumni IPB bisa dirasakan di Lampung. Kita berharap kiprahnya terus diteruskan dan dikembangkan,”pintanya.

Sedangkan, Hanan A. Rozak bersyukur dapat berlangsungnya bukber, sambil bereuni akbar.  Ditandai kehadiran para alumni dari beragam angkatan, baik kapasitasnya sebagai pengurus maupun peserta. Baginya pertemuan ini sangat baik, karena momentum mengumpulkan para alumni dibulan berkah.

“Ini bentuk safari silaturahim ramadhan (tersentral) yang efektif, ditengah kesibukan kegiatan sambil menjalankan ibadah dibulan Ramadhan. Apalagi dibulan ini penuh berkah, rahmat dan ampunan. Dari manfaat dari bersilaturahim saja, dapat dirasakan tiga manfaatnya. Yakni, dilancarkan rezeki, dipanjangkan umur dan  dihapuskan dosa oleh Allah SWT,”ujarnya.

Hanan juga menyanjung kepemimpinan Ketum HA DPD IPB Lampung Sutono yang mampu mengakomodir skill, bakat, talenta dan kajian akademis para alumnus IPB di Lampung. “Terlihat usaha beliau mengakomidir pemikiran, ide, gagasan dan saran alumni disetiap kebijakannya. Kedepan kita harus lebih bisa mengembangkan kontribusi dan saling berkaitan guna membantu pengurus, dalam memajukann daerah yang kita cintai ini,”pujiannya.

Dalam ceramahnya, Ustadz Amir berharap bulan Ramadhan tidak hanya diperuntukan berpuasa dan menjalankan berbagai ibadah. Tapi, mampu dimaknai para alumni IPB Lampung sebagai bulan refleksi dan evaluasi diri. Termasuk, didalamnya ada upaya menjaga keharmonisan dalam organisasi.

“Dibulan rahmat ini, alumni IPB Lampung harus meningkatkan kualitas disegala bidang. Terlebih, sebagai wadah para kaum intelektual, harus memperbanyak kajian dalam memajukan kondisi (menyeluruh) masyarakat,” tutupnya. (*)