UBL Lanjutan Kerjasama Proyek Smart Transportation Lampung

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Sebagai kelanjutan proyek kerjasama dalam membentuk smartcity. Universitas Bandarlampung (UBL) menghadiri diskusi lanjutan dan laporan riset terkait kerjasama Proyek Smart Transportation di Lampung dengan PT. Trans Lampung, PT. Trans Bandarlampung dan Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Institute Teknologi Bandung (PPTIK ITB). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Trans Lampung, Bandarlampung ini pada 8 Maret 2018 lalu.

Menurut pimpinan proyek Smart Transportation di Lampung Agus Sukoco, S.Kom. M.Kom., sekaligus, proyek ini merupakan riset yang dikembangkan oleh beberapa dosen UBL sejak tahun 2015.

“Kegiatan ini merupakan pengembangan riset yang dilakukan beberapa dosen UBL yaitu Riza Muhida, Ahmad Cucus. Saya sendiri dan beberapa orang tim lainnya  sejak tahun 2015, riset ini berisi tentang pengembangan Information and Technology (IT) dibidang transportasi dan sebagai kiprah nyata UBL dalam rangka pengabdian masyarakat,” ucap Agus yang Dosen Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UBL disela kegiatan di Kampus B Pascasarjana UBL Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, Kamis (8/3).

Agus juga menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai wadah bagaimana menginisiasi kolaborasi besar UBL dengan stakeholder yaitu perguruan tinggi lainnya dan industri agar riset ini dapat bermanfaat dan berdampak besar bagi kehidupan khususnya bidang transfortasi.

“Riset ini sendiri sudah masuk dalam tahap uji coba, jadi realisasinya pada sistem transformasi berbasis website dan mobile  untuk sekarang dapat diakses melalui aplikasi Semut Bandarlampung dan Trans Lampung yang bisa langsung didownload di Play Store,” tambah Agus.

Agus juga berharap agar kerjasama ini dapat terrealisasi dengan baik dan dapat meningkatkan pelayanan transportasi Lampung.

“Harapannya agar riset ini dapat terealisasai dengan baik, aplikasi berbasis website dan mobile dan dapat digunakan oleh Trans Lampung dan Trans Bandarlampung serta dapat dimanfaatkan sebesar- besarnya oleh penumpang untuk meningkatkan pelayanan transportasi Lampung,” tutup Agus. (*/hkw)

 

 

 

 

News Reporter