Tunggu Proses Kemendag Pusat

0
351
views

Pembangunan Pasar Cimeng dan Way Halim

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG- Pembangunan dan rehabilitasi dua pasar yaitu pasar cimeng dan Pasar perumnas way Halim oleh Pemerintah kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui dinas perdagangan (disdag) masih menunggu proses di kementerian perdagangan (kemendag).

Kadisdag pemkot Bandar Lampung, Sahriwansyah mengatakan pembangunan dua pasar ini selain untuk merenovasi bangunan yang sudah rusak juga untuk kembali mengatur para pedagang agar berjualan sesuai zonasi.

“Ya tunggu saja, karena ini administrasinya masih diproses di kementerian. Yang jelas tahun ini dibangun,” kata dia dilingkungan pemkot Bandar Lampung, Selasa (4/7).

Ia mengatakan ada sedikit keterlambatan pembangunan yang dijadwalkan seusai lebaran, dikarenakan pembangunan menggunakan dana dari pemerintah pusat melalui kemendag. “ya kan ada mekanisme perjanjian dengan pemerintah pusat. Nggak langsung cair gitu dananya,” jelasnya.

Setelah dibangun nanti para pedagang akan diatur berdasarkan zonasi mana pedagang daging mana pedagang pakaian, penempatannya juga dilakukan dengan cara undian.  Untuk pembangunan kedua pasar ini disdag menganggarkan dana mencapai Rp14 miliar dengan rincian Rp9 miliar untuk pasar perumnas way halim sementara pasar cimeng senilai Rp5 miliar.

“pasar perumnas way halim akan dibangun dua tingkat, dilantai dua untuk ruang pertemuan. Untuk pasar cimeng hanya rehab dilantai bawahnya saja,” pungkasnya.

Sementara itu Walikota Bandar Lampung, Herman HN membenarkan hal tersebut, menurutnya ada mekanisme untuk pencairan dana bantuan dari pemerintah pusat. “Ya pokoknya abis lebaran ini, kita persiapkan semuanya. Karena ini kan menggunakan dana pusat, jadi harus ikut mekanismenya,” kata Herman,

Ia juga memastikan pembangunan akan dilakukan oleh pihak ketiga. “dana dari pusat tapi pembangunan nanti tetap dari pihak ketiga,” pungkasnya. (jef)