. . .

Tumbuhkan Semangat Petani Muda Sejak Dini

image_print

Fun Learning dan Pasar Tani Coca-cola Forest Session 3 Tahun 2018

TRANSLAMPUNG.COM, TANJUNG BINTANG – Dalam rangka memberikan edukasi diluar ruang kepada siswa siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN1) Sukanegara di Coca-cola Forest, Kamis 29/3). Coca-cola Amatil Indonesia (CCAI) menggelar Coca-cola Fores Fun Learning Sesion 3 yang sekaligus memperingati hari air sedunia.

Kegiatan tersebut di gagas oleh CCAI yang bekerjasama dengan Trans Lampung, Agra Indonesia Agriculture, Karang Taruna, Dewan Pendidik Desa Sukanegara serta para masyarakat khususnya zone 1 dimana tempat Coca-cola beroperasi.

Pendidikan diluar ruangan sangat bermanfaat bagi siswa sisiwi agar mengenalkan kegiatan positif terlebih bisa langsung bersentuhan dengan alam.

CCAI Lampung melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari 4 pilar Lingkungan, Pasar, Tempat Kerja, dan Ketahanan (Environment, Marketplace, Workplace, dan Sustainbility) menggelar Pasar Tani Coca-cola Forest Fun Learning Sesion 3 setelah sebelumnya digelar Coca-cola Forest Fun Learning Sesion 1 dan 2

Siswa-siswi SDN 1 Sukanegara tersebut juga diajarkan bagai mana menyemai, menanam, memanen hingga bagaimana cara memasarkan hasil panen sehingga memiliki nilai ekonomi dan membuka wawasan mereka untuk lebih mandiri dengan menawarkan hasil panen mereka di Pasar Tani Coca-cola Forest.

Kepala Desa Sukanegara, Heri Tamtomo menanggapi kegiatan tersebut dengan positif, terlebih hal tersebut dapat memajukan desanya dan mendukung program-program seperti yang diadakan CCAI, serta diberikan wawasan kemandirian bernilai ekonomi sejak usia dini.

Di Coca-cola Fun Learning, siswa siswi juga diberikan pengetahuan memasarkan hasil panen dengan menggelar Pasar Tani yang diadakan setiap bulan di Minggu terakhir.

Disana para siswa-siswi melakukan transaksi jual beli, sehingga dapat menanamkan jiwa wirausaha sejak dini.

Direktur Operational Agra Indonesia, A. Heriyanto menambahkan, bahwa CCAI dan berbagai program yang digagas memberikan nilai lebih untuk masyarakat Zona 1, terutama kepada pendidikan anak-anak sekitar.

“Keberadaan Coca-coal Amatil di Lampung telah memberi warna yang berbeda bagi masyarakat di sekitar pabrik berada. Dengan berbagai aksi dan program yang sangat menyentuh di semua lapisan masyarakat. Seperti hari ini dari dewan pendidik desa Sukanegara dan siswa SD dan SMP sekitar pabrik di undang untuk hadir di Coca-cola Forest dan Pasar Tani. Belajar menanam, memelihara, memanen bahkan sampai menjual,” kata Heriyanto.

Dia kembali manambahkan, bahwa program tersebut lebih kepada kepedulian untuk menciptakan generasi muda sebagai entrepreneur, dan dirinya dengan “Agra Indonesia Agriculture” sangat bangga menjadi pendamping CCAI.

“Ini bukan saja program tapi lebih kepada kepedulian CCAI untuk memberikan edukasi pada generasi muda menjadi seorang entreprenuar sejati. Sekali lagi kami dari Agra Indonesia Agriculture ikut bangga dan siap mendampingi CCAI dalam menjalankan program sosial bagi masyarakat secara berkelanjutan dan berdaya guna,” pungkasnya.

CA Regional West Indonesia Coca-Cola Amatil Indonesia, Yayan Sopian dalam siaran persnya mengapresiasi inisiatif warga Desa Sukanegara Lampung Selatan dimana selama lebih dari 3 tahun berjalannya program Coca-Cola Forest tercatat 760 anak-anak aktif telah mendapatkan pelatihan lingkungan, 2800 batang pohon jabon telah mereka tanam, 2100 bibit tanaman cabai telah anak-anak semai lalu mereka donasikan untuk warganya, dan ada 11.400 menit investasi waktu karyawan Coca-Cola Amatil Indonesia untuk mendampingi pemberdayaan masyarakat agar mereka kelak tumbuh menjadi anak-anak yang membanggakan dari Desa Sukanegara karena memiliki kecerdasan sosial, religi, ekonomi dan akademis untuk menghadapi tantangan mewujudkan harapan Desa Mandiri Lestari. (hkw)