Tumbuhkan Jiwa Korsa, Bupati Tuba Gelar Apel Siaga

TRANSLAMPUNG.COM, MENGGALA – Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Tulang Bawang melaksanakan apel siaga dalam rangka lomba Siskamling (sistem keamanan lingkungan) dan Cipkon (cipta kondisi) Pemilukada (pemilihan umum kepala daerah) tahun 2018 yang dilaksanakan, Selasa (20/2) pukul 08.00 WIB di lapangan upacara Mapolres Tulang Bawang.

Bertindak selaku Pimpinan Apel, Bupati Tulang Bawang, Winarti, Perwira Apel Kasat Binmas Polres Tulang Bawang AKP Dulhapid dan Komandan Apel Kanit Regident Sat Lantas IPTU Amsar.

Bupati Tulang Bawang, Winarti mengatakan, pelaksanaan apel siaga dalam rangka lomba Siskamling dan Cipkon Pemilukada tahun 2018 sebagai sarana membangun kebersamaan dan kesetiakawanan antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah.

“Apel ini sebagai salah satu upaya untuk tetap menggelorakan semangat pengabdian dalam rangka memupuk disiplin, jiwa korsa dan loyalitas serta kebersamaan dan sebagai sarana yang tepat untuk membangun kebersamaan dan kesetiakawanan antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang Barat yang sejahtera,” katanya.

Lanjut Winarti, pada pelaksanaan Pemilukada 2018 terdapat kerawanan yang harus diantisipasi sejak dini agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata dalam setiap tahapan.

“Untuk itu Polri bekerjasama dengan Kejaksaan dan Panwaslu yang tergabung dan Gakkumdu (penegakkan hukum terpadu) dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran Pemilukada yang terjadi,” tambahnya.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Raswanto Hadiwibowo mengatakan, tema yang diangkat pada pelaksanaan apel ini adalah “Dengan Semangat Siskamling, Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Harkamtibmas Dalam Rangka Menciptakan Kondisi Kamtibmas Yang Kondusif Menjelang Pemilukada tahun 2018″.

 

Pelaksanaan perlombaan siskamling dimulai hari Rabu (21/2), selama 1 tahun berjalan dengan beberapa kriteria penilaian dan pengumuman pemenang akan diinformasikan secara bertahap.

Perlombaan Siskamling yang dilaksanakan di Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang Barat selama 1 tahun berjalan dengan kriteria penilaian diantaranya kelengkapan pos ronda, keaktifan masyarakat dalam pelaksanaan pos ronda, peran serta masyarakat dalam pelaksanaan siskamling dan lain-lain serta untuk pemenang diinformasikan secara bertahap yaitu tahap pertama HUT (hari ulang tahun) Pemda Kabupaten Tulang Bawang (20/3) dan HUT Pemda Kabupaten Tulang Bawang Barat (4/4), kedua HUT Polri (1/7), ketiga HUT Republik Indonesia (17/8), keempat HUT TNI (5/10) dan kelima Hari Pahlawan (10/11),” ungkapnya.

Apel Siaga ini diikuti oleh pasukan yang terdiri dari 1 peleton TNI AD dari Kodim 0426 Tulang Bawang, 1 peleton Brimob Subden III Menggala, 1 peleton Satuan Lalu Lintas, 3 peleton Bhabinkamtibmas (bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat), 2 peleton Sat Pol PP Kabupaten Tulang Bawang, 1 peleton Sat Pol PP Kabupaten Tulang Bawang Barat, 3 peleton Linmas (perlindungan masyarakat) dari Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Tampak hadir dalam apel tersebut Kapolres Tulang Bawang beserta pejabat utama dan kapolsek jajaran, Bupati Tulang Bawang, Kajari Tulang Bawang, Ketua Pengadilan Negeri Tulang Bawang, Kepala Lapas kelas II B Menggala, Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang, Seluruh Kepala Kampung yang ada di Kabupaten Tulang Bawang dan Seluruh Kepalo Tiyuh yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat. (als/hkw)

News Reporter