Tujuh Cabang Siap Dilombakan dalam MTQ Ke-47

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Lampung Selatan yang akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (11-17/3) mendatang, akan melombakan 7 cabang perlombaan.

Kepala Sub Bagian Dakwah dan Kemasyarakatan Amrul Habibah mendampingi Kepala  Plt. Kepala Bagian Mental Spiritual (BMS) dan Kemasyarakatan Firmansyah mengatakan, setiap cabang perlombaan akan digelar di lokasi berbeda.

“Untuk pelaksanaanya kita ada 7 cabang perlombaan dengan lokasi perlombaanya berbeda-beda sesuai cabangnya,” kata Amrul saat dihubungi, Minggu (11/3).

Dijelaskan dia, setiap cabang perlombaan memiliki lokasi atau mimbar yang berbeda. Adapun tangkai cabang yang akan diperlombakan dan lokasinya yakni cabang Tilawatil Quran adalah lomba perorangan dengan melagukan disertai tajwid dalam membaca suatu ayat Alquran. Terdapat beberapa golongan, yaitu golongan Anak-anak, Remaja, Dewasa, Cacat Netra, Qiroat Sab’ah dan Mujawad. Tempat pelaksanaan di Lapangan Cipta Karya, Kalianda (Mimbar Utama/I).

Cabang Hifzhil Quran, yaitu lomba menghafal Alquran. Terdapat beberapa golongan, yaitu golongan 1 Juz, 5 Juz, Qiro’at Tartil Remaja, dan Qiro’at Tartil Dewasa. Tempat pelaksanaan lomba di Aula Sebesi Gedung PKK (Mimbar II).

Cabang Tafsiril Quran, yaitu mufasir-mufasiroh disamping menghafal Alquran, peserta mampu pula mengartikan apa yang dibacakan secara perorangan. Terdapat beberapa golongan, yaitu golongan 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz. Lomba ini dibacakan dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Arab dan Indonesia. Lokasi perlombaan di Aula Krakatau Kantor Bupati.

“Cabang Fahmil Quran Grup Putra/Putri, yaitu seperti lomba cerdas cermat berkelompk dan pertanyaannya seputar kandungan Alquran. Tempat perlombaan Aula SMA Pembangunan, Kalianda,” ungkapnya.

Selanjutnya, Cabang Syarhil Quran Grup Putra/Putri, yaitu penerjemahan dia setelah satu peserta mengaji, dan anggota lainnya menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Lokasi lomba ini berada di Aula Sebuku, Lamban Rakyat (Rumah Dinas Bupati).

“Kemudian, Cabang Khottil Quran, yaitu cabang lomba menulis penggalan ayat suci Alquran secara indah (kaligrafi) kedalam sebuah media tertentu. Terdapat beberapa golongan, yaitu penulisan buku, dekorasi, hiasan mushaf, dan kontemporer. Lokasi perlombaan di Ruang Kelas SMA Pembangunan. Cabang Makalah Ilmiah Alquran (M2Q) Putra/Putri. Lokasi perlombaan berada di Aula STAI YASBA, Kalianda,” kata dia.

Setiap cabang perlombaan, ditambahkan dia akan dicari masing-masing terbaik 1, 2 dan 3 sesuai golongannya. Dimana nantinya, semua keputusan ada di tangan Dewan Hakim.

“Qori dan qoriah terbaik akan menerima uang pembinaan, piala dan piagam. Mereka juga nanti akan mewakili Kabupaten Lampung Selatan untuk MTQ tingkat Provinsi,” pungkasnya. (jhn/hkw)

News Reporter