Tubaba Targetkan Mano Q Unggul 1 Juta Ekor Pertahun

0
399
views

translampung.com – Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad, SP. Sangat Mengapresiasi Launching, Badan Usah Milik Tiyuh (BUMT) ayam kampung unggul asli. (Mano Q Unggul asli) dengan target 1 juta ekor pertahun. Acara tersebut di pusatkan pada Tiyuh Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba).

Dihadiri, Bupati Umar ahmad SP, Wakil Bupati Fauzi hasan SE.MM, Ketua DPRD Busroni SH,Kadis peternakan hewan provinsi lampung, kepala BPMD provinsi, kepala balai PMD sumatera, Kaban BPMPK Eri Budi santoso, kepala penelitian Balitbangtan Dr. Sueharsono, prof.R. sofjan iskandar ahli peneliti utama Balitnak, Kepala BPATP Kementrian pertania, Kadis peternakan se-provinsi lampung, forkopinda Tubaba, Camat, Kepo Tiyuh, Tokoh masyarakat, Adat, agama, serta seluruh mitra BUMT se- kabupaten setempat.

Menurut Bupati, dengan adanya program BUMT saat ini diharafkan nantinya akan dapat membatu perubahan signifikat pada perekonomian warga masyarakat Se-Kabupaten.
“Saya berharaf dengan BUMT ini akan dapat menumbuhkan ternak ayam kampung asli di Tubaba. Pastinya, ternak ayam kampung Tubaba dimasa mendatang akan dapat mencapai 1 juta ekor per tahu.” Kata umar ahmat, saat dikutip Trans lampung ketika pembacaan sambutanya (12/4) kemarin.

Sementara itu di ungkapkan Eri Budi santoso, kepala dinas BPMPK selaku pembina pada BUMT mengatakan. Dinas setempat akan terus berusaha melahirkan beragam trobosan usaha yang dapat menumbuh kembangkan perekonomian warga masyarakat Tubaba.
“Kita akan terus pacu dan bina seluruh kader BUMT Se-Tubaba. Pastinya, ini semua telah menjadi bagian prodak kerja Bupati untuk rakyat dan demi rakyat.” Katanya

Menurut Hairul ahmad Kepala BUMT setempat mengatakan. Jika BUMT setempat diharapkan nantinya dapat meningkatkan perekonomian pada tiyuh Se- Kabupaten. Itu semua dengan dana yang diadakan dari tiyuh (desa) masing-masing. Perlu diketahui BUMT di bentuk 1 oktober 2015, yang dijalankan sejak 15 desember 2015 hingga 8 maret 2016 sudah menunjukan peningkatan yang siknifikan.

” diantaranya Tiyuh yang telah produksi Gunung katun 1500 ekor, Kagungan Ratu 6000 ekor, dan penetasan telur (hatchery) ditargetkan 10.000 butir perminggu, Pembesaran ayam kampung unggul (komersial farm) Penumangan 10.000 ekor, Dengan panen 2500 ekor sampai 3000 ekor perminggu.” Kata Hairul ahmad.

Menanggapi hal tersebut Dr. arsyad selaku Kadis Plt. peternakan provinsi lampung, Pada 2015 lalu provinsi lampung mendapat kan predikat baik dari presiden. Untuk itu Besar harapan kita agar nantinya. kabupaten tubaba akan mendapatkan predikat yang lebih. Pastinya, ini semua dibutuhkan kemitraan yang kompak baik pembina, pengurus, dan anggota.

“Dalam waktu dekat pemkab provinsi akan segera melakukan sosialisasi protein hewan yang wajib di butuhkan. Untuk itu, Khusus ayam kampung saya titip dengan Bupati, jika telah berkembang dan mencapai 1 juta ton, nanti tidak usah lagi ayam nya jalan-jalan. artinya, kita harus adakan rumah potong ayambsi Tubaba.” Kata nya. (dirman)

LEAVE A REPLY