. . .

Tiyuh Panaragan Fokus Pembangunan Fisik, Zaibun: Seni Klasik Lampung Juga Dikembangkan.

image_print

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN.
Dana Desa (DD) Tiyuh (Desa) Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, tahun 2018 selain fokus pada beragam pembangunan fisik juga diimplementasikan untuk pemberdayaan masyarakat setempat.

Menurut Kepala Tiyuh Panaragan Zaibun muin. ‎Realisasi DD tahun 2018 secara langsung telah mengurangi beban Pemkab Tubaba dalam hal pembangunan di lingkungan Tiyuh Se Kabupaten.

” Tahun ini selain meneruskan pembangunan‎ tahun setelahnya, kami juga kembali fokus pada pembangunan pisik, artinya dengan adanya kucuran DD dari program presiden RI Joko Widodo selama ini itu sangat membantu pembangunan dari pelosok daerah secara merata.” Kata Zaibun kepada Translampung.com pada (16/9) kemarin.

‎Lanjut dia, ‎untuk pembangunan fisik DD Tiyuh Panaragan terinci sebagai berikut.  Pembangunan 1 unit Gorong-gorong dan 2 titik Sumur Bor disuku 2,  Pembangunan Draenase sepanjang 100 M disuku10, pembangunan Drainase Sepanjang 100 M disuku 9, pembangunan Draenase sepanjang 150 M disuku 8,  dan pembangunan Draenase sepanjang 150 M disuku ‎7.

‎” Selain itu kita juga melakukan pembangunan pembukaan badan jalan usaha tani untuk mengeluarkan hasil pertanian warga Panaragan sepanjang 350 M dan lebar 6 M di RT002-Rw008.” terangnya.

Sementara guna memperindah suasanan malam di kediaman seluruh rumah warga Tiyuh panaragan, pemerintah Tiyuh juga melakukan ‎pemasangan sejumlah lampu di sepanjang  jalan dari suku 1 hingga ke suku 6.

” Alokasi dana desa (DD) ini tidak serta- merta  ‎untuk pembangunan fisik, namun dana tersebut dipergunakan untuk pemberdayaan masyarakat ‎ seperti, karang taruna, PKK, Seni budaya klasik lampung, keagamaan, kesehatan juga keamanan.” Imbuhnya. (Dirman)