Tingkatkan Pengetahuan dan Kopetensi Dasar Dari Pengalaman Kerja

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo berharap dengan diadakannya seminar kesehatan dan pelantikan pengurus Lingkaran Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (LAKUNA) mampu menyusun program kerja yang sejalan dengan agenda pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, khususnya di bidang kesehatan. Hal ini disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Suliyanto, dalam acara seminar kesehatan dengan tema Mediastinum (Emergency Alert in Obsterty Gynecology, Cardiology, Neurology and Pulmonology) di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, Minggu (5/3).

Dalam sambutannya, Heri Suliyanto menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung sedang melakukan peningkatan di segala segi bidang pembangunan, terutama pembangunan kesehatan yang merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar kesehatan, yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Terkait dengan hal tersebut, lanjut Heri, Pemerintah Provinsi menyambut baik diselenggarakannya seminar kesehatan. Yakni sebagai wahana untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dokter, khususnya dokter umum dalam bidang kegawatdaruratan kandungan, jantung, saraf serta paru. Sehingga mampu meningkatkan pembangunan kesehatan yang ada di Provinsi Lampung, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu, dibutuhkan peran dari para Alumni Fakultas Kedokteran untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dasar dari pengalaman kerja yang telah diperoleh.

“Para alumni harus meningkatkan rasa korsa untuk meningkatkan kebersamaan, serta mampu membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dasar FK Unila. Sehingga FK Unila mampu menciptakan generasi yang siap dalam membangun kesehatan yang ada di Lampung,” ucap Heri.

Rektor Universitas Lampung yang diwakili Dekan Fakultas Kedokteran Muhartono, menyampaikan bahwa Alumni mempunyai peran strategis yang luar biasa dalam kemajuan kompetensi FK unila. Untuk itu, perlu adanya aksi nyata dari para alumni. Karena alumni berperan sebagai katalis, memberikan masukan, dan mengkritisi. Sehingga pengalaman alumni, diharapkan dapat membangun konsep baru di FK unila yang dapat bermanfaat bagi Provinsi Lampung.

Diinformasikan Kepala Bagian Humas dan Komunikasi Publik Heriyansyah, dalam acara ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan, Wakil Dekan bidang keuangan, umum dan kepegawaian Fitria Saftarina, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Betta Kurniawan, Alumni Fakultas Kedokteran UNILA, dan Peserta Seminar. (Rls)

News Reporter