. . .

Timbangan Angkutan Barang di Wayurang Beroperasi

image_print

Melanggar Aturan Diberi Sanksi

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Wilayah VI Bengkulu – Lampung mulai mengoperasikan jembatan timbang yang berada di Wayurang, Lampung Selatan.

“Ya hari ini kami mulai melakukan operasi serentak, terhadap kenderaan truck pengakut barang. Untuk operasi tertib angkutan barang itu dinamakan “Zero Operdemensi dan Over Loading”, semua kendaraan barang dari Bakehuni arahkan memasuki area timbangan,” kata Harianto Selaku Kasi Sarana dan Prasarana BPTD Wilayah Bengkulu Lampung, yang juga didampingi oleh Indra, Selaku Kepala Pelayanan, saat ditemui diarea Kantor BPTD Wayurang, Rabu (1/8).

Dalam Operasi gabungan ini, lanjut Harianto pihaknya melibatkan unsur dari TNI/Polri dan jajaran Dishub Lamsel sebagai pengamanan operasi.

“Dioperasi Zero Operdemensi dan Over Loading ini, kami baru melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para supir angkutan barang. Sedangkan, untuk tindakan tegasnya bagi kenderaan yang melanggar belum dilakukan,” ungkapnya.

Namun, dijelaskan dia untuk pelanggaran terhadap para supir yang tidak melengkapi surat-surat kenderaan, diserahkan kepolisi dalam hal ini Satlatas untuk memberikan sanksinya.

“Kalau kami, melakukan sosialisasi angkutan barang, agar para supir tidak membawa angkuatan barang melebihi aturan. Jika ada kenderaan  yang melanggar, untuk saat ini kami pasang tulisan menggunakan cat,” tuturnya.

Nantinya, ditambahkan dia setelah diberlakukan secara optimal, maka bagi kenderaan yang melanggar langsung ditindakan tegas. Sebagai contoh ketika ada kenderaan yang melebihi muatan, makan kendaraan itu harus menurunkan barang yang berlebih tersebut.

“Target Timbangan ini berjalan aktif, direncakan dalam ditahun ini juga. Tetapi sosialisasi akan terus kami lakukan meskipun semua fasilitasnya kantornya belum seratus persen selesai dibangun,” pungkasnya. (jhn/hkw)

error: Content is protected !!