. . .

Tim Junior Bulu Tangkis Indonesia Tampil Gemilang

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Junior Bulu Tangkis Indonesia meraih hasil positif dalam pertandingan babak penyisihan Grup H Kejuaraan Dunia Junior 2018 menghadapi Austria dan Macau.

Pada pertandingan yang berlangsung di Markham Pan Am Center, Ontario, Kanada, Senin (5/11) waktu setempat atau Selasa (6/11) waktu Indonesia, tim Merah Putih berhasil meraih kemenangan sempurna atas Autria dan Macau. Dalam lima nomor pertandingan, Indonesia berhasil mengalahkan Austria dan Macau sama-sama 5-0

Saat menghadapi Austria, pasangan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang diturnkan pertama berhasil meraih kemenangan atas Kilian Meusburger/Serena Au Yeong dengan skor 21-9 dan 21-11.

Di partai kedua, Indonesia yang menurunkan tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay berhasil melewati rintangan Nicolas Rudolf dengan skor 21-12 dan 21-18. Sedangkan di nomor tunggal putri yang turun di partai ketiga, Putri Kusuma Wardani berhasil membungkam wakil Austria, Raphaela Winker 21-10 dan 21-8.

Selanjutnya, pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil menang atas Kilian Meusburger/Nicolas Rudolf 21-15 dan 21-13. Di partai penutup, Ribka Sugiato/Febriana Dwipuji Kusuma menyempurnakan pencapaian gemilang dengan mengalahkan Serena Au Yeong/Raphaela Winkler dengan skor 21-10 dan 21-12.

“Alhamdulillah kami bisa menyumbang poin. Tadi mainnya langsung enak dan lapangannya juga enak. Bolanya stabil. Kami tidak mendapat kesulitan yang berarti,” ungkap Ribka dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta dari PBSI, Selasa (6/11) kemarin.

“Lawan hari ini belum terlalu sulit. Kami juga siap jika harus diturunkan lagi memperkuat tim,” tambah Febriana.

Di hari yang sama, Tim Indonesia langsung bersiap untuk menghadapi Macau. Namun, dalam pertandingan kali ini Indonesia menurunkan kekuatan yang berbeda dari sebelumnya menghadapi Austria.

Meski menurunkan pemain yang berbeda saat menghadapi Macau, namun hal itu mampu membuat Indonesia tetap tampil gemilang. Terbukti, Indonesia kembali meraih kemenangan sempurna atas Macau 5-0.

Pasangan ganda campuran Ghifari Anandaffa Prihardika/Lisa Ayu Kusumawati yang dipercaya tampil perdana saat menghdapi Macau berhasil mengalahkan Leok Iok Chong/Wong Cheng Wa 21-8 dan 21-9.

Di partai kedua, tunggal putra Christian Adinata berhasil mengalahkan Lee Rui Huan 21-9 dan 21-14. Sedangkan untuk nomor tunggal putri yang dipertandingan di partai keempat, Stephanie Widjaya berhasil mengalahkan Chio Weng U dengan skor 21-2 dan 21-8.

Di partai ketiga, nomor ganda putra, Indonesia mempercayakan Ghifari Anandaffa Prihardika/Pramudya Kusumawardana Riyanto. Pasangan itu berhasil mengalahkan Pui Ngai Che/Lam Hou Him dengan skor 21-6 dan 21-12.

Sedangkan pasangan ganda putri Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi penyempurna kemenangan merah putih. Mereka menang atas Cheong I Teng/Wong Cheng Wa, 21-5 dan 21-4 di partai kelima.

“Hari ini belum ada kesulitan khusus, kami bisa cepat beradaptasi dengan lapangan. Lawan juga belum sulit. Alhamdulillah kami bisa sumbang poin buat Indonesia,” tutur Fadia.

Agatha/Fadia berharap tren positif ini bisa berlanjut hingga partai puncak. Mereka pun bertekad untuk bisa membawa hasil maksimal di nomor beregu.

“Target awal semifinal dulu, satu-satu. Tapi harapannya pasti juara. Apalagi ini tahun terakhir saya junior. Pengennya bawa nama Indonesia ke podium juara,” ungkap Agatha.

Kemenangan ini cukup membuat Manajer Tim Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Junior 2018, Susy Susanti puas. Meski demikian ia meminta para atlet tetap menjaga fokus hingga akhir dan tidak meremehkan lawan yang dihadapinya.

“Hari ini penampilan atlet-atlet kita cukup baik ya. Mereka sudah bisa beradaptasi baik dengan cuaca maupun lapangan. Persiapan besok, para atlet tetap fokus dan siap terus. Meski lawan di bawah kita secara ranking tapi tetap kita harus serius saat bertanding,” terang Susy.

Pencapaian dua pertandingan ini memang patut di acungi jempol. Pasalnya, Indonesia yang berisikan 23 atlet junior itu sudah berhasil meraih kemenangan sempurna dan dengan menurunkan dua susunan pemain yang berbeda saat menghadapi Austria dan Makau.

Masih ada dua pertandingan lagi dalam babak penyisihan grup kali ini. Meksiko dan Inggris menjadi lawan Indonesia yang berikutnya. Dari informasi yang dihimpun, Indonesia akan menghadapi Meksiko pada Selasa (6/11) pukul 12.00 waktu Kanada. Tim Garuda Muda akan menghadapi Inggris pada Rabu (7/11).

Selain itu, Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2018 ini mempertandingkan dua nomor, yaitu beregu dan perorangan. Pertandingan beregu campuran berlangsung pada 5 hingga 10 November 2018, sedangkan pertandingan perorangan berlangsung mulai 12 hingga 18 November 2018. (gi/fin)