. . .

Tim Gabungan Sidak Pasar Ikan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Pemerintah Kota Metro melalui tim gabungan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar di Bumi Sai Wawai. Ini dilakukan untuk memantau sejumlah makanan segar seperti ikan.

“Tim ini terdiri dari tim gabungan bersama Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, Satgas Pangan, Dinas Perdagangan dan 5 orang dari DKP3. Peneriksaan dilakukan pada makanan segar di Pasar Margorejo dan Pasar Kopindo,” terang Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno.

Ia mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap sejumlah ikan yang berformalin dan mengandung zat berbahaya lainnya. Nantinya makanan tersebut akan diuji dengan alat Rapid Test Kiy. Namun jika ada indikasi ada makanan yang mengandung bahan berbahaya akan diiju ke laboratorium Kesmavet,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya pemeriksaan juga akan dilakukan pada 29 Mei mendatang terhadap daging. Pemeriksaan tersebut seperti adanya daging gelonggongan maupun daging yang mengandung pengawet berbahaya.

“Nanti kita akan uji di laboratorium. Jika memang terindikasi mengandung bahan berbahaya, nanti kita akan telusuri dari mana asal makanan tersebut. Nanti kita lakukan pembinaan terhadap pemiliknya,” ungkapnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati membeli sejumlah makanan di pasaran. Terlebih memasuki ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang tingkat konsumsi masyarakat meningkat.

“Bagi masyarakat yang mengidentifikasi adanya makanan berbahaya, atau misalnya makanan yang mengandung lemak babi bisa membawa contoh makanan ke DKP3. Nanti makanan itu akan diuji, apakah mengandung lemak babi atau tidak. Jika memang mengandung lemak babi, kita akan lakukan pembinaan kepada pengusaha tersebut,” ungkapnya. (ria)

error: Content is protected !!