Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Tiga Pasar Kampung Diresmikan -
Tiga Pasar Kampung Diresmikan

TRANSLAMPUNG.COM, GUNUNGSUGIH – Tiga pasar kampung di Lampung Tengah (Lamteng)
diresmikan Bupati Mustafa. Ketiganya adalah Pasar Kampung Gayabaru V Kecamatan Bandarsurabaya, Pasar Kampung Gedungsari Kecamatan Anakratu Aji dan Pasar Kampung Binakarya Utama Kecamatan Putrarumbia.

Peresmian dilakukan secara seremonial dengan penyerahan kunci pasar oleh Bupati kepada tiga camat. Persemian berbarengan di satu titik, di Pasar Kampung Gayabaru V Kecamatan Bandarsurabaya, Sabtu (4/3).

Dalam kesempatan itu, Mustafa meminta kepada camat dan kepala kampung agar menjaga pasar. Kemudian, bisa mengelola pasar dengan sebaik-baiknya. “Pasar ini adalah aset yang dimiliki kampung. Mempunyai peran penting bagi masyarakat. Yakni sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat yang ada di kampung. Jadi pengelolaannya harus profesional,” ucapnya.

Dengan adanya pasar kampung, menurut Mustafa, jika dikelola dengan
baik pasti akan mendongkrak perputaran ekonomi di tengah masyarakat. “Adanya pasar, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk jual beli. Terutama menjual hasil dari masyarakat setempat,” bebernya.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Perdagangan Lamteng Rusmadi menambahkan, tiga pasar yang diresmikan tersebut merupakan bantaun dari pemerintah pusat, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan (Kemendag) tahun 2015/2016. Nilai DAK untuk membangun pasar itu, sebesar Rp3 miliar berada di tiga lokasi.

Diresmikannya pasar itu, lanjutnya, sekaligus menyerahkan semua pengelolaan pasar diambil oleh pemerintah kampung. “Artinya yang bangun pemerintah daerah dari bantuan pusat. Setelah diresmikan ini, pengelolaannya kedepan diserahkan kepada pihak kampung. Termasuk PAD nya,” jelas Rusmadi.

Lebih jauh Rusmadi menjelaskan, bantuan yang sama tahun ini akan
bergulir lagi. Nilainya sekitar Rp2,6 miliar yang akan diberikan untuk pembangunan pasar kampung di Kecamatan Selagailingga dan Kecamatan
Pubian. (rid)

News Reporter