Tiga Kecamatan Dipetakan Rawan Narkoba

0
379
views

KOTAAGUNG – Sebagai langkah konkret memerangi narkotika dan obat-obatan (narkoba) serta narkotika dan zat adiktif (napza), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanggamus mulai memetakan kecamatan rawan‎ peredaran narkoba.

Pemetaan awal BNNK baru menyasar empat kecamatan wilayah barat Tanggamus. Hasilnya, dua kecamatan dimasukkan dalam zona rawan. Lalu pemetaan versi Polres Tanggamus, satu kecamatan wilayah tengah masuk zona rawan.

Kepala BNNK Tanggamus Kholbidi, melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Pemberantasan ‎M. Nur mengatakan, empat kecamatan yang sudah dipantaui BNNK adalah Semaka, Bandarnegeri Semuong (BNS), Pematangsawa, dan Wonosobo. Dari empat wilayah tersebut, Kecamatan BNS dan Wonosobo ditetapkan sebagai kecamatan rawan peredaran narkoba dan napza.

‎”Sementara untuk Kecamatan Pematangsawa sudah mulai berkurang, lantaran adanya surat edaran dari Polri yang melarang hiburan malam. Eksesnya, peredaran narkoba/napza juga ikut berkurang. Namun tetap saja, akan terus kami pantau secara intensif,” ujar Nur, kemarin (2/5).

Pihaknya mengakui, sementara ini memang baru empat kecamatan yang dipetakan, terkait peredaran narkoba. Namun nanti, lanjut Nur, setelah dana dari pusat kembali turun, maka secara bertahap 16 kecamatan di Tanggamus akan dipantau dan dipetakan.‎ Kegiatan-kegiatan BNNK lainnya di kecamatan, juga masih menunggu kucuran dana dari pusat.

“Untuk mencegah semakin meluasnya peredaran narkoba di Tanggamus, BNNK Tanggamus akan melakukan sosialisasi yang difokuskan di kalangan pelajar. Seperti menjadi pembina upacara hari Senin di SMP dan SMA. Dan masih banyak lagi kegiatan lainnya,” sebut Nur.

Selain pemetaan versi BNNK, Polres Tanggamus juga memiliki zonasi sendiri. Berdasarkan koordinasi dengan polres, tambah Nur, zonasi wilayah rawan peredaran narkoba versi polres adalah Kecamatan Talangpadang. Dengan demikian, dari versi BNNK menandai Kecamatan BNS dan Wonosobo. Lalu ditambah zonasi versi Polres Tanggamus, yaitu Kecamatan Talangpadang.‎ (ayp)

LEAVE A REPLY