Tiga Dosen Darmajaya Tersertifikasi Asesor Kompetensi BNSP

0
387
views

translampung.com – Tiga dosen Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya telah tersertifikasi sebagai Asesor Kompetensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Mereka yakni Dr. Anuar Sanusi, SE., MSi, Herlina, SE., MM, dan Anggalia Wibasuri, MM.
Ketiga dosen ini dinyatakan lulus menjalani pelatihan asesor kompetensi yang digelar selama satu minggu di STIE Perbanas Surabaya, beberapa waktu lalu. Unit kompetensi yang mereka kuasai yakni merencanakan dan mengorganisasikan asesmen, mengakses kompetensi, serta mengembangkan perangkat asesmen.

Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Darmajaya, Dr. Anuar Sanusi, SE., MM mengatakan, menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, sertifikasi kompetensi perlu dimiliki agar Sumber Daya Manusia (SDM) bisa bersaing secara global.
“Kini Darmajaya telah memiliki tiga dosen yang berkompeten sebagai asesor atau tim penilai pelaksanaan sertifikasi kompetensi. Bahkan, apabila Darmajaya bisa menambah empat dosen lagi menjadi tujuh dosen tersertifikasi sebagai asesor dari BNSP, maka ujian sertifikasi kompetensi dapat digelar di kampus Darmajaya,” ujarnya.

Lanjut Anuar, untuk meningkatkan kualitas sebuah perguruan tinggi, Darmajaya membangun hubungan kerjasama antar perguruan tinggi tingkat nasional dan internasional. Salah satunya dengan STIE Perbanas Surabaya, dimana kerjasama tersebut dilakukan dibidang penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi, nara sumber, dan lainnya.

Tak hanya berkesempatan mengikuti pelatihan asesor kompetensi dari BNSP, jurnal penelitian Anuar Sanusi yang berjudul The Role of Organizational Commitment and Trust on Performance Management and The Implicatications for The Lectures Acceptance juga masuk dalam jurnal terakreditasi nasional milik STIE Perbanas. Jurnal hasil penelitian Anuar tersebut telah diterbitkan pada Jurnal of Economics, Busineess and Accountancy Ventura edisi Desember 2015-Maret 2016.

Menanggapi hal itu, Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah YA, MBA., MSc mengapresiasi para dosen yang telah mendapat sertifikasi nasional dan internasional. Ia mengatakan, mutu pendidikan sebuah perguruan tinggi tidak hanya terpancar dari kurikulum, sarana prasarana, dan segudang prestasi mahasiswa, tetapi juga ditentukan oleh kualitas tenaga pengajar yang mumpuni.
“Sertifikat memberikan keunggulan, khususnya dalam menghadapi persaingan global. Karena sertifikat sebagai standarisasi atas pengetahuan, kemampuan yang dimiliki, dan profesionalitasnya telah diakui mumpuni. Untuk itu kami mendorong seluruh dosen maupun mahasiswa Darmajaya untuk memiliki sertifikasi nasional dan internasional,” tegasnya.(rls)

LEAVE A REPLY