Tgl 12 Juli, Tes Tertulis Pilkades Sungai Cambai

0
179
views

TRANSLAMPUNG.COM, Mesuji- Budiman Jaya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mesuji, saat dikonfirmasi ia memberitahukan bahwa pada tanggal 12 juli 2017 mendatang akan diadakannya “tes tertulis” bagi 10 kandidat bakal calon kepala Desa Sungai Cambai, guna menentukan atau bagian dari penjaringan kandidat yang lolos masuk ke bursa calon Pilkades mendatang, di bulan Agustus 2017.

“Tanggal 12 juli 2017, kami mengadakan tes tertulis bagi 10 kandidat bakal calon, guna menentukan kandidat yang lolos masuk ke bursa calon Pilkades  mendatang. Tes itu menyoal tentang pemahaman ilmu pemerintahan, para kandidat,” kata Bujay.

Diketahui dari penuturannya, Pilkades Serentak Kabupaten mesuji di tahun ini, hanya Desa Sungai Cambai yang melakukan tahap penjaringan secara tes tertulis. Karena mengacu pada Permendagri no. 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa dan perda no. 3 tahun 2015 tentang pencalonan, pemilihan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa.

Kepastian tempat tes tertulis berlangsung, Budiman Jaya mengatakan, pihaknya sudah melayangkan permohonan ijin ke Bupati Khamami, untuk meminta restu memakai Aula Rumah Dinas Bupati sebagai tempat berlangsungnya tes tertulis tersebut. Namun, hingga berita ini diterbitkan, belum ada jawaban dari permohonannya itu.

“Kami sudah melayangkan permohonan ijin kepada Bupati khamami, meminta restunya untuk menggunakan Aula Rumdis menjadi tempat diselenggarakannya tes tertulis tersebut. Mengingat, kantor kami terlalu sempit untuk diselenggarakannya tes tersebut. Alhamdullilah sampai sekarang kami belum mendengar jawaban permohonan itu. Ya lihat nanti ya, yang pasti tanggal 12 mendatang kami mengadakan tes tertulis untuk pilkades sungai cambai,” ujarnya.

Dan telah terkonsepkan oleh pihaknya, lanjut Budiman menerangkan mekanisme pelaksanan tes tertulis tersebut. Bahwa hasil tes tertulis, akan diumumkan langsung dikesempatan itu juga, dengan secera terbuka pihaknya menghitung hasil (lembaran) jawaban dari para peserta tes tertulis.

“Ya telah kami konsepkan. Dikesempatan itu kami akan menghitung lembar jawaban para peserta tes secara terbuka dan langsung mengumumkan hasil tes tertulis tersebut. Hari itu menjadi penentu kandidat-kandidat yang lolos masuk di bursa calon Pilkades Sungai cambai,” tukas Budiman jaya, menyeru. (Gst)