Terkendala Dana Operasional, 3 Mobil Pusling masih ‘Parkir’

0
452
views

TRANSLAMPUNG.COM, KOTAAGUNG – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Tanggamus mendapatkan bantuan tiga unit mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) dari Pemerintah Pusat. Namun, bantuan itu belum bisa difungsikan lantaran masih terkendala dengan anggaran operasional.

Kepala DPAD Tanggamus Rakyan Sakti mengatakan, mobil pusling masih berada di Bagian Umum Pemkab Tanggamus, belum diserahkan ke DPAD, karena belum adanya dana operasional kendaraan dan sopir. Ditambah lagi, DPAD juga tidak memiliki fasilitas parkir bagi mobil pusling tersebut.

“Bantuan mobil pusling itu dari Pemerintah Pusat, tapi belum diserah terimakan ke kami. Ya bagaimana mau mengoperasikannya, kalau dana operasionalnya belum ada. Jadi, tunggu dana operasional teranggarkan barulah bisa beroperasi,” ujar Rakyan.

Pihaknya sudah melakukan pengajuan dana untuk operasional mobil pusling beserta dengan insentif untuk drivernya. Bila anti sudah teranggarkan, maka akan langsung dioperasikan sebagaimana mestinya. Nantinya, mobil tersebut erkeliling ke kecamatan, sekolah, dan tempat-tempat lainnya.

“Mobil pusling akan dioptimalkan di wilayah Kecamatan yang dianggap membutuhkan fasilitas buku. Misalnya Kecamatan Kelumbayan, Kelumbayan Barat, Cukuhbalak, Airnaningan, Bandar Negeri Semuong, dan Pulaupnggung. Sementara untuk Kecamatan lainnya, yang letaknya berada di jantung ibukota kabupaten dan sekitarnya, tidak dilayani.

“Kami fokus di kecamatan yang jauh dari jantung ibukota kabupaten. Karena di sana tidak banyak perpustakaan atau fasilitas membaca lainnya. Itu lah tujuan diperbantukannya mobil pusling ini,” tutur Rakyan.

Mantan Sekretaris Inspektorat Tanggamus itu juga menambahkan, fasilitas yang ada di mobil pusling itu bisa dibilang modern. Karena sudah dilengkapu komputer guna meng-in put data jumlah buku, jumlah pengunjung, ketersediaan buku, dan lain sebagainya.

“Ya mudah-mudah bisa cepat ada anggarannya. Dan mobil pusling siap dioperasikan,” harap Rakyan. (ayp)

Foto: YOGY

BELUM BEROPERASI: Tiga unit mobil pusling bantuan dari pusat, masih belum beroperasi lantaran belum ada dana operasional dan dana insentif untuk sopir, sehingga sampai kini masih terparkir di Kantor Setkab Tanggamus.