Terkait Nasib Ipah, Pihak Dinsos dan Dinkes Ambil Tindakan

0
172
views

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN Terkait nasib yang menimpa salah satu warga Desa Bayasjaya, Kecamatan Waykhilau, Kabupaten Pesawaran Ipah, wanita penderita gangguan jiwa telah ditangani oleh Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan (Diskes ) Pesawaran.

Wanita yang tinggal bersama anak laki lakinya yang masih berusia delapan tahun ini selain menderita gangguan jiwa, diketahui juga dalam kondisinya hamil tua.

“Kita sudah terjun ke lokasi bersama pihak Dinkes Persawaran dan saat ini ibu ipah sudah  dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) untuk dilakukan pengobatan. Setelah dilakukan pengobatan oleh pihak Dinkes nanti baru kita bawa ke panti asuhan si daerah Hanura,”Kata Yulizar selaku Kadis Sosial Pesawaran saat di wawancarai seusai menghadiri rapat paripurna, Kamis (14/9/2017).

Yulizar mengatakan, untuk penanganan masalah anak yang tinggal dengan warga penderita gangguan jiwa dan kondisinya sedang hamil itu, rencananya akan diambil tindakan menjadi anak negara yang nanti biaya pendidikannya akan ditanggung oleh pemerintah Pesawaran. Namun harus terlebih dahulu izin dengan kelurganya .

“Penanganannya nanti kita akan terlebih dahulu izin dengan keluarganya, bisa tidaknya anak yang masih umur 8 tahun ini menjadi anak negara, “Ucapnya.

Saat disinggung kepastian yang diderita Ipah yang sedang mengalami kehamilan ini, Yulizar membenarkanya. Karena berdasarkan keterangan dari Pihak Dinkes yang sudah melakukan pemeriksaan.

“Memang benar ibu itu sedang mengandung dan usia kandunganya sudah mencapai 5 bulan berdasarkan hasil pemeriksaan tim kesehatan dari Dinkes ,”kata Yulizar.

Mirisnya lagi, berdasarkan info yang didapat translampung.com dari warga sekitar bahwa hamilnya Ipah dikarenakan sering disetubuhi oleh Paman Kandung dari korban sendiri .

Diketahui mencuatnya nasib Ipah yang mengalami gangguan jiwa ini diketahui dari akun facebook atas nama Anna Hilal. Ia memposting ajakan untuk membantu Ipah

Dalam akun tersebut tertulis, “Kepada masyarakat seluruh Indonesia, saya cuma minta kepeduliannya terhadap masyarakat semua. Tolong dishare ya semoga warga kita, saudara kita, yangg bernama ibu Ipah dan Putranya segera mendapat bantuan dari Pemerintah”.

Kemudian tertulis, “Kini nasibnya sangat miris. Dia berada di Desa Bayas Jaya, Kecamatan Waykhilau, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kini dia mengalami gangguan jiwa (gila)  dan dia pun sedang hamil sekitar tujuh bulan. Dihamili orang yang tidak tanggung jawab. Kini dia tinggal bersama putranya, di gubuk yang sangat tidak layak ditempati, kumuh, kotor, bahkan tidak memakai penerang/lampu. Bahkan anaknya pun tidak sekolah. Sedih melihat anak sekecil itu kini harus tinggl bersama ibunya yang sedang sakit (gila). Saya harap postingan saya dapat membantu mereka, dan sampai terdengar oleh yang berwajib. Pak Jokowi yang sangat saya hormati, bantulah masyarakatmu yang sedang kesusahan ini”.  (ydn)