. . .

Terkait Izin Penambangan Batu Bara di Mesuji 

image_print

Fuad : Seharusnya Sebelum izin itu keluar mestinya ada koordinasi dengan pemerintahan daerah mesuji, walaupun kita tahu kewenangan pertambangan milik provinsi, karena daerah yang tahu wilayah dan masyarakatnya.

TRANSLAMPUNG.COM, MESUJI—Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPT) Provinsi Lampung tentang persetujuan izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi batubara di Kecamatan Tanjungraya  dan Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji menuai protes dan penolakan,selain Bupati Mesuji Khamami Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Fuad Amrullah juga menolak IUP yang sudah dikeluarkan DPMPT provinsi Lampung.

Menurut Politisi Muda, cerdas supel dan energik ini Eksplorasi batu bara di wilayah Mesuji kurang tepat. Sebab, kabupaten Mesuji  berisikan Pemukiman dan Kebun Masyarakat selain itu yang tidak kalah menjadi perhatian, jika ekplorasi dilakukan, dikemudian hari proses reklamasinya membutuhkan waktu yang lama.

Namun Fuad, tidak menampik jika IUP adalah kewenangan Pemerintah Propinsi Lampung. Namun dirinya sangat mempersoalkan izin itu mengapa bisa disetujui.

“Seharusnya Sebelum izin itu keluar mestinya ada koordinasi dengan pemerintahan daerah mesuji, walaupun kita tahu kewenangan pertambangan milik provinsi, karena daerah yang tahu wilayah dan masyarakatnya,” jelas.Fuad melalui pesan Whatshapnya Jumat (09/11).

Diketahui izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi batubara yang di keluarkan ini yang berlokasi di dua kecamatan yang ada di kabupaten mesuji, yaitu Kecamatan Tanjungraya seluas 4.795 Ha, Dan kecamatan Panca Jaya seluas 3.341 Ha.

Sementara untuk waktu Izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi batubara yang di keluarkan ini dalam jangka waktu 20 Tahun Sejak tanggal 22 Juni 2018 sampai dengan tanggal 22 Juni 2038.

Namun sayang IUP operasi produksi Batubara dikabupaten Mesuji bakal ditentang oleh pemerintah masyrakat ormas dan berbagai pihak yang tidak terima dan menolak IUP tersebut.(Nara)