. . .

Terkait Dugaan Cacing Pita Pada Kemasan Makarel/Sarden, Dinas Perindag Waykanan Lakukan Operasi Pasar

image_print

TRANSLAMPUNG.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Waykakan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar Baradatu dan toko swalayan untuk mengecek makanan siap saji Makarel/Sarden yang diduga mengandung cacing pita untuk tidak perjual belikan kepada masyarakat, Senin (2/4).

Turut dalam operasi pasar tersebut Kadis Perindag kabupaten Waykanan Imanto, Kabag Perekonomian Andika Pratama, unsur Dinas Kesehatan, unsur Dinas Kominfo, unsur pol pp dan unsur kepolisian.

Disela sela sidak itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Waykanan Imanto mengatakan, untuk kali ini pihaknya hanya melakukan sosialisasi dan di berikan jeda waktu dua pekan untuk bisa menarik semua barang dagangan yang dilarang diperjual belikan.

“Untuk kali ini kita hanya sebatas memberika peringatan dan sosialisasi, dan kita beri waktu dua minggu untuk menarik semua makarel atau dencis, yang diduga mengandung cacing pita. Jika sampai bataa waktu dua pekan tidak juga diindahkan, maka kami kan melakukan penyitaan terhadap makarel/dencis yang diduga mengandung caicing pita tersebut,” jelas Imanto.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh translampung.com, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas kesehatan Kabupaten Waykanan segera melakukan Operasi pasar terkait adanya indikasi kemasan Ikan makarel/Sarden yang mengandung Cacing parasit. hal itu dipastikan setelah keduanya Berkoordinasi dengan Badan pengawasan obat dan makanan (BPOM) Provinsi Lampung Hari ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan, Imanto, menerangkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan BPOM Provinsi dan di rencanakan Hari senin tanggal 2 april Dinas Indag serta Dinas kesehatan bersama Asisten 1, Asisten 2, Kepala Bagian Ekonomi, Pol pp yang juga akan didampingi pihak kepolisian akan melakukan operasi pasar untuk mengecek langsung kebenaran Hal tersebut diatas.

“iya kami sudah koordinasi Dengan BPOM Provinsi, insyaallah hari senin kita operasi pasar, rencananya hari minggu walaupun bukan jam kerja kami akan mengadakan pertemuan untuk mengatur teknis nya, dan mudah mudahan senin nya kita langsung operasi pasar,” Terang Imanto saat dikonfirmasi oleh translampung.Com melalui telepon seluler Kamis Malam (29/3)

Terpisah, Kepala Dinas kesehatan dr. Farida Aryani menambahkan sehubungan dengan Dinas Indag sebagai leading sektor untuk melaksanakan operasi pasar maka Dinas kesehatan akan bergabung untuk mengecek langsung serta membuka kemasan Ikan makarel kaleng tersebut supaya bisa memastikan apakah benar ada atau tidaknya Cacing parasit yang dimaksud.

Ditanya apa yang akan di lakukan oleh dinas kesehatan pada saat Operasi pasar nanti, Kadiskes menjawab, “yang jelas akan kita buka Kaleng Sarden nya jika benar ditemukan ada Kemasan Ikan makarel/Sarden yang bermasalah maka tim mungkin hanya menyitanya selanjutnya kita tunggu saja nanti apa yang akan di lakukan oleh semua tim operasi pasar, semua tindakan harus kita diskusikan bersama dan tidak boleh gegabah,” Tambahnya. (Migo/Yudi)