. . .

TEMU TEKNIS PENYULUH KEHUTANAN UPAYA TINGKATKAN KINERJA

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Dalam rangka peningkatan kinerja penyuluh kehutanan diselenggarakan Temu Teknis Penyuluh Kehutanan se Provinsi Lampung, di Aula Dinas Kehuranan Provinsi Lampung, Senin (7/1).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh penyuluh kehutanan, juga dihadiri oleh Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) se-Lampung, juga pemenang lomba wanalestari bidang penyuluhan dan pelestarian, dibuka Kepala Dinas Kehuranan Provinsi Lampung Syaiful Bachri.

Dalam sambutannya, Kadishut menegaskan posisi dan peran penyuluh kehutanan sangat penting dan strategis dalam pembangunan kehutanan. Keberhasilan pembangunan kehutanan sangat ditentukan penyuluh kehutanan dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, Perhutanan Sosial merupakan program utama dalam pengelolaan sumberdaya hutan sehingga dapat mewujudkan kelestarian fungsi kawasan hutan dan kesejahteraan masyarakat. Setiap penyuluh harus mendampingi kelompok tani perhutanan sosial di masing masing KPH.

Tantangan tugas penyuluhan semakin berat seiring dinamika masyarakat sekitar hutan. Pemahaman atas data dan peraturan harus dipedomani dan dikuasai oleh setiap penyuluh. Bertindak sebagai narasumber Kepala Bidang Perencanaan Kawasan Hutan, Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Hutan, Kepala Bidang Pengelolaan DAS dan RHL, dan Kepala Bidang Penyuluhan, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemanfaatan Hutan.

Sebelum pemaparan materi, diserahkan hadiah kepada pemenang lomba wana lestari bidang penyuluhan dan pelestarian alam tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018. Tiga kejuaraan tingkat nasional diraih Lampung yaitu Juara I Kader Konservasi Alam, Juara Ii Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan, dan Juara II Kelompok Tani Huran Desa. (rls)

error: Content is protected !!