Tanggamus akan Punya Posko Saber Pungli

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Pemerintah Kabupaten Tanggamus bersama instansi terkait dengan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, kembali merapatkan barisan untuk mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan. Masing-masing kelompok kerja (pokja) dalam antar-instansi juga sepakat untuk lebih meningkatkan koordinasi.

Pembahasan Rapat Koordinasi Satgas Saber Pungli di Rupatama Setda Tanggamus Rabu (14/3), terfokus pada penggunaan uang negara yang berada di tingkat pekon (desa). Selain itu, Tanggamus juga tahun ini diproyeksi memiliki Posko Saber Pungli yang berada di Satuan Intelkam polres setempat.

Inspektur Daerah Tanggamus Fathurrahman dalam rakor tersebut mengatakan, pengaduan dan/atau laporan yang masuk ke inspektorat, langsung dilaporkan ke Polres Tanggamus. Meskipun memang, Fathurrahman mengakui, sebelum dilakukan tindakan hukum oleh polisi, dalam dalam situasi tertentu, inspektorat masih mendahulukan upaya penyelesaian secara internal.

“Sudah sedemikian pedulinya Inspektorat Tanggamus ini pada para kepala pekon. Untuk itu, saya mengimbau agar para kepala pekon dapat menggunakan anggaran pekon dengan sebaik-baiknya. Jangan ada yang macam-macam,” tegas inspektur.

Disamping itu, Fathurrahman juga menyebutkan, masing-masing kelompok kerja (pokja) akan dibuatkan panduan kerja. Dengan tujuan, agar bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing pokja dengan baik.

Wakapolres Tanggamus Kompol M. Budhi Setyadi sekaligus selaku Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu mengungkapkan pada rakor kemarin, satgas akan fokus pada pencegahan atas penyimpangan yang terjadi.

Untuk itu, kata Budhi, sangat penting adanya koordinasi dengan pokja di instansi masing-masing instansi, agar bisa dilaksanakan sampai tingkat kecamatan, bahkan sampai ke desa- desa.

Sebagai Ketua Tim Satgas Saber Pungli, wakapolres mengaku selama ini terus berkoordinasi dengan inspektorat apabila ditemukan kasus pungli. Di tingkat pekon, menurutnya, Tim Saber Pungli harus bergerak bersama bersama. Artinya, dalam kegiatan pokja saber pungli, harus dibuat perencanaan yang matang.

“Dalam prosedur yang ada, Saber Pungli tindakan pencegahan sekecil apa pun itu, harus kita tingkatkan. Lalu kita cek bersama dan turun ke lapangan secara bersama-sama untuk melihat besar atau kecilnya penyimpangan yang terjadi. Tahun ini, kami akan dirikan Posko Saber Pungli, yang jelas tepatnya di Mapolres Tanggamus di Bagian Satuan Intelkam,” jelas wakapolres.

Sementara perwakilan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tanggamus hanya sedikit memberikan tambahan. Berdasarkan data Operasi Tangkap Tangan Saber Pungli, aksi pungli di pekon-pekon kebanyakan dilakukan oleh pihak tertentu yang mengatasnamakan profesi atau lembaga tertentu. (ayp)

 

 

News Reporter