. . .

Tak Kunjung Padam, Kebakaran Limbah PT. SGS Timbulkan Polusi Udara

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU –  Kebakaran yang terjadi di Limbah PT. Sumber Graha Sejahtera (SGS) yang terletak di Kampung Cugah kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan menimbulkan kepulan asap yang tebal di daerah tersebut. Pabrik itu sendiri di ketahui memproduksi Kayu untuk pembuatan Triplek.

Namun, menurut informasi yang berhasil di himpun oleh Translampung.com dari para pekerja yang berada di limbah itu menyebutkan bahwa, limbah itu bukan di kelola PT SGS melainkan di kelola oleh pihak kedua.

Tampak para pekerja sedang berusaha memadamkan api

“Pabrik nggak ada urusan lagi di limbah ini, karena kami bukan bekerja untuk pabrik melainkan bekerja dengan Pihak kedua,” kilah pekerja itu yang enggan ditulis jati dirinya, saat di konfirmasi, Sabtu (28/07).

Dikatakannya, kebakaran di limbah itu sudah terjadi selama dua hari sejak Kemarin Malam Jum’at (27/07) sekira Pukul 02:00 Wib. Hal itu sendiri bukan sengaja dibakar oleh pekerja melainkan datang secara tiba-tiba.

Sehari sebelumnya, tim TRC BPBD Way Kanan turut membantu memadamkan api limbah triplek

“itu kejadian nya kemarin malam sekitar jam 2 tiba-tiba ada api membesar, dan itu bukan sengaja di bakar. Kami saja sudah dua hari nggak kerja karena masih berusaha memadamkan api,” Katanya yang juga di benarkan oleh pekerja yang lain.

Pekerja itu juga mengatakan kalau mereka sudah meminta bantuan kepada Damkar dan TRC BPBD Way Kanan, namun belum juga berhasil memadamkan api tersebut karena limbah Triplek tempat mereka bekerja cukup tebal.

Walaupun hari ini mereka tidak lagi di bantu oleh TRC BPBD. Namun, Saat ini pihak mereka tetap berupaya untuk memadamkan api secepatnya supaya tidak menimbulkan asap yang berkepanjangan.

Hingga berita ini diturunkan, Pihak perusahaan belum bisa di konfirmasi terkait kebenaran pengelolaan limbah tersebut. karena saat Translampung.com hendak menemui pihak perusahaan salah satu petugas mengatakan pihak manajemen tidak berada di tempat.

“hari ini kerjanya cuma setengah hari jadi mereka sudah pada pulang,” Ujar Petugas keamanan PT SGS. (migo).