. . .

Tahun 2019, BPN Pesawaran Targetkan 18 Ribu Pembuatan Sertifikat Tanah Melalui Program  PTSL

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Pihak Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Pesawaran melalui kepala BPN Pesawaran Nurus Sholichin menyatkan bahwa di tahu 2019 ini akan menargetkan  18 ribu pembuatan setifikat tanah yang terbagi di 23 Desa yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Hal ini di ungkapkan Nurus Sholichin saat acara pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan tim ajudikasi dan satuan tugas Pendapataran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) Pencanangan pembangunan zona integritas serta penandatanganan kontrak kerja Pegawai Pemerintah Non Pemerintah (PPNPN) kantor pertanahan Kabupaten Pesawaran tahun 2019 yang di laksanakan di halaman kantor BPN pesawaran, Senin (28/1/2019).

“Ya, dengan di bentuknya tim ajudikasi satuan tugas PTSL ini kita menargetkan pembuatan 18 ribu sertifikat tanah melalui program PTSL tahun 2019 ini ,”ucapnya.

Nurus Sholichin  juga menambahkan dengan di betuknya tim satuan tugas PTSL untuk menargetkan sebayak 18 ribu sertifikat tanah di wilayah Kabupaten Pesawaran ini BPN juga melakukan Pencanangan pembangunan zona integritas serta sudah melaksanakan penandatanganan kontrak kerja PPNPN denagan tujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya di wilayah kerja BPN Peswaran, dan berkomitmen terbentuknya satgas PTSL untuk mencanakngkan zona intergritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WKB) ,”tegasnya.

Dirinya juga mengatakan pembentuan tim satgas PTSL ini sebagai pungsi pengawasan dilapangan selain itu juga akan berkomitmen melaksanak tupoksi yang sudah ditentukan.

“Nah selain menargetkan 18 ribu sertifikat yang akan kita buat di tahun ini kita juga akan mendata ulang 10 ribu setifikat yang sudah di buat ,”kata Nurus sholichin.

Sementara itu selaku ketua tim 1 satgas PTSL Alandes  mengatakan bahwa dikantor pertanahan ini satgas PTSL ini  berangotakan tidak hanya PNS namun ada PPNPN dan tenaga honore yang saling melaksanakan kerja dengan perovesioal serta  tidak membedakan satu sama lain.

“Program PTSL ini sudah di laksanakan sejak tahun 2017 artinya Tahun  2019 ini tahun yang ketiga pelaksanan program ini dan akan menargetkan 18 ribu setifikat yang terbagi di 23 desa serta mendata ulang 10 ribu sertifikast yang sudah ada ,”kata Alandes.

Alandes juga mengatakan untuk pembuatan sertifikat tanah dalam program PTSL ini Berdasarkan Surat Keputusan (SK) tiga mentri yakni mentri dalam Negri ,mentri Pedesaan Dan Mentri ATR/BPN dengan biyaya Rp 200 ribu yang di tanggung oleh pihak pemohon.

“Jadi pembiyaayan program melalui  PTSL sudah di tentukan SK Tiga mentri itu juga bukan untuk di setor ke BPN melaikan di pihak desa masing masing,”kata Alandes.

Diketahui dalam acara pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan tim ajudikasi dan satuan tugas PTSL dan Pencanangan pembangunan zona integritas serta penandatanganan kontrak kerja Pegawai Pemerintah Non Pemerintah (PPNPN) di hadiri oleh ketua BPN Pesawaran Nurus Sholchin ,Kepala Bidang Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman kabupaten persawaran,Kepala Bidang Tata Perintahan sekertariat kabupaten Pesawaran Vierdaizy, dan seluruh pantia ajudikasi dan Satua tuas PTSL BPN Pesawaran serta dihadiri oleh 23 kepala Desa di wilayah kecamatan. (ydn)

error: Content is protected !!