. . .

Tahun 2018 Angka TKI dan TKW di Lambar Menurun 14℅

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNGBARAT – Berdasarkan data  Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenga Kerja Pemkab Lambar angka TKW dan TKI di tahun 2017 mencapai 17 orang tetapi di tahun 2018 menurun mencapai 2 orang.

Busran Hamid ST.MP., Kabid Tenaga Kerja,  memaparkan, dibandingkan tahun lalu angka TKW dan TKI menurun yaitu 14℅ ini cukup membanggakan.

Tahun 2018 yaitu 15 orang salah satu faktor utama TKW dan TKI menurutnya adalah faktor ekonomi namun tidak menutup kemungkinan faktor-foktor lain.

Untuk tujuan peserta TKI dan TKW  Lambar pihaknya mengatakan, hongkong, Malaysia, Korea Selatan, Singapura, Brunai Darusalam dan Taiwan. untuk pekerjaan yang diambil peserta TKI dan TKW kebanyakan yaitu Non formal (pembantu rumah tangga, Red) dan pengurus jompo.

“Sampai saat ini baru enam negara yang dituju oleh TKI dan TKW,” ucapnya.

Sementara itu, saat ini belum ada laporan agen jika ada TKI dan TKW Lambar yang bermasalah atau terkena masalah tetapi dia berharap tidak akan ada masalah untuk TKI dan TKW Lambar.

Lebih Jauh dikatakannya, dirinya sangat menyayangkan peserta TKI dan TKW jika sudah sampai tujuan tidak pernah melapor kepada pihaknya alhasil timnya tidak pernah tau bagaimana keadaan mereka disana.

“kami selalu wanti-wanti kepada peserta TKI dan TKW untuk melapor jika sudah sampai pada tujuan baik melalui via telpon atau telegram,” pungkas Busran. (saf)