. . .

Susul Cucu Bermain di Luar, Rumah Lama Sutak Ludes Terbakar

image_print

Foto: IST

LUDES TERBAKAR: Inilah kondisi rumah lama milik Sutak, warga Pekon Penanggungan Bawah yang ludes terbakar lantaran diduga meninggalkan rumah mencari cucu yang sedang bermain di luar, sementara pemilik rumah merebus air menggunakan tungku, Minggu (5/8) sekitar pukul 14.30 WIB.

 

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Peristiwa kebakaran Minggu (5/8) sekitar pukul 14.30 WIB, menghebohkan warga Pekon Penanggungan Bawah, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus. Bagian rumah belakang berbahan anyaman geribik bambu dan papan yang merupakan material mudah terbakar, membuat si jago merah semakin ganas melahap rumah lama milik Sutak itu.

Menurut Idi, tetangganya yang menjadi korban kebakaran itu, sedang membangun rumah baru permanen di bagian depan. Sedangkan yang ludes dilahap si jago merah Minggu sore, adalah rumah lama di bagian belakang. Terbuat dari bahan geribik bambu dan susunan papan, sehingga sangat mudah terbakar.

“Pak Sutak memang lagi ngebangun rumah baru. Itu yang kebakar adalah rumah lamanya. Kejadiannya tadi sekitar jam 14.30 WIB. Ludes rumah lamanya. Tapi alhamdulilah nggak ada korban jiwa atau luka-luka,” ungkap Idi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun translampung.com, kebakaran di rumah lama milik Sutak itu, akibat kelalaian pemilik rumah. Pasalnya saat sedang merebus air menggunakan tungku kayu bakar, pemilik rumah malah keluar.

“Pas lagi rebus air pakai tungku kayu, yang punya rumah keluar untuk mencari cucunya yang sedang bermain. Mungkin karena terlalu lama keluarnya, nggak ketahuan api yang dari tungku merembet keluar dan menjalar ke sekitar dapur. Karena kondisi rumah berbahan geribik dan papan, api sangat mudah menyebar dan membesar,” ujar beberapa tetangga korban.

Melihat kobaran si jago merah dan kepulan asap hitam pekat membubung tinggi dari rumah Sutak, warga setempat berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya. Sebab, armada Pemadam Kebakaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus baru tiba di lokasi 30 menit kemudian.

“Waktu mobil damkar sampai lokasi, sebenarnya api sudah hampir padam. Tinggal sedikit lagi. Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kebakaran di rumah milik Pak Sutak ini. Tetapi kalau kerugian material, pasti ada,” tandas aparat pekon setempat. (ayp)