. . .

Surya Pirnata Bantah Data Pemilih Kacau

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMBAR – Bantah Data Pemilih Pileg dan Pilpres 2019 mendatang kacau, Surya Pirnata, selaku Ketua Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah (PMd) Lampung Barat (Lambar) angkat bicara.

“Betul saya Ketua Pemuda Muhammadiyah Lambar. Sebelumnya saya tidak pernah di konfirmasi kawan-kawan media manapun dan tidak pernah menyebut data pemilih kacau,” tulis Surya saat dikonfirmasi Trans Lampung via WahtaApp, Selasa (6/11) pukul 12.15 WIB.

Sebelumnya, Komisioner Banwaslu Lambar mengirim pesan kepada Trans Lampung, Senin (4/11) pukul 16.27 WIB.

Dalam pesan yang dikirim via WhatsApp itu tertulis jika Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Lampung Barat (Lambar), Surya Pirnata menyebut data pemilih untuk Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang kacau.

“Meski telah mengalami perbaikan berkali-kali, data pemilih di Lambar masih kacau,” sebutnya dalam pesan yang dikirim kepada pewarta ini, Senin (5/11).

Dikatakan, pada penetapan (Daftar Pemilih Tetap) DPT yang ditetapkan pada tanggal 20 Agustus 2018 berjumlah 206.792. Namun setelah mendapatkan masukan dari berbagai pihak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lambar merevisi jumlah pemilih kedalam rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) sejumlah 206.441 yang ditetapkan pada tanggal 13 September 2018.

Dikatakannya, berdasarkan penelusuran pihaknya, Kabid Pelayanan Administrasi dan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), AK Samsul, menyebut hingga akhir oktober lalu sebanyak 24.621 jiwa belum rekam KTP-el.

“Menurut AK Samsul data server jumlah warga wajib KTP di Lampung Barat mencapai 235.773 jiwa. Dari data itu, jumlah warga yang telah melakukan perekaman mencapai 211.152 jiwa, sisanya 24.621 jiwa belum melaksanakan perekaman,” ujar dia.

Menurutnya, data dari dua lembaga ini, Disdukcapil dan KPU tidak mengalami singkronisasi. Selisih yang signifikan mempengaruhi kebutuhan logistik pada saat Pemilu mendatang. Juga, dapat menjadi potensi kecurangan oleh pihak-pihak tertentu. Mengingat jadwal perbaikan DPTHP yang dilakukan KPU RI ditetapkan 60 hari, yaitu sejak tanggal 17 September 2018 hingga 15 November 2018. Jadwal ditetapkan KPU RI pada tanggal 09 November 2018 hingga 11 November 2018 adalah Rekapitulasi DPTHP-1 tingkat Kabupaten/Kota. Sedangkan, Disdukcapil menargetkan perekaman selesai pada Desember mendatang.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Lambar ini, menyarankan agar KPUD Lambar segera berkoordinasi ke Disdukcapil atas selisih jumlah yang signifikan dan akan ditetapkan Daftar Pemilih Tetap di bulan November ini.

“Dan Bawaslu Lambar mendorong pemerintah daerah dalam hal ini Disdukcapil untuk menargetkan perekaman eKTP di bulan November ini,  agar adanya kesingkronan dan kepastian untuk pemilu tahun 2019 ini,” pungkasnya. (saf/hkw)

error: Content is protected !!