Sulpakar Buka Uji Kompetensi di SMKN 5 Bandarlampung

0
468
views

TRANSLAMPUNG.COM, Bandarlampung-Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Sulpakar membuka Ujian Kompetensi Keahlian Sub Rayon 01.029. Menuju kesiapan tamatan dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) di SMKN 5 Bandarlampung, Senin (20/2).

Ujian Kompetensi keahlian dimulai hari ini dan dilakukan selama enam hari itu resmi dibuka oleh Kadis pendidikan dengan melakukan pemukulan gong dan disaksikan oleh kepala sekolah maupun yang mewakili SMK/SMA Negeri dan swasta yang ada program keahlian di Bandar Lampung sebagai simbol dimulainya Ujian serentak.

Sulpakar sempat kecewa dengan banyaknya kepala sekolah yang berhalangan hadir dengan alasan yang tidak jelas, menurutnya kegiatan ini jika tidak dihadiri langsung oleh kepala sekolah akan menghambat birokrasi.

“Karena koordinasi yang sebenarnya adalah dalam hal ini, jadi kalau tidak hadir karena hambatan tertentu berarti mencerminkan keterlambatan birokrasi kita,” kata dia.

Tak hanya itu, Ujian Kompetensi Keahlian merupakan salah satu penunjang kelulusan Selain UN dan UAS, untuk diterima di industrilisasi.

“UN bukan suatu ukuran penentu lulus tidaknya, tetapi jangan diabaikan harus diikuti dengan baik dalam rangka memetakan prestasi siswa dalam belajar selama tiga tahun, indikator prestasi terlihat dari Ujian Nasional, Uji kompetensi, dan UAS yang punya peran masing-masing untuk ketentuan kelulusan,” ungkapnya.

Menurutnya jika anak-anak mengembangkan bakat dan kemampuan di SMK setelah dia lulus ada bekal yang dibawa itu menandakan keberhasilan SMK ini, anak itu setidaknya harus bisa berguna untuk masyarakat lingkungan nya dan lebih bagus jika membuka lapangan perkerjaan.

“Mereka disekolahkan orang tuany agar anak mempunyai kompetensi yang baik, skill yang baik dan beda dengan pendidikan lain. Tetapi paling tidak bekal yang diberikan bisa menjadikan generasi yang mendidik dan memajukan bangsa negara ini apalagi bisa menyumbang membuka lapangan perkerjaan itu kata lain memajukan bangsa ini,” tutup dia.

Berdasarkan Pantauan Trans Lampung Sulpakar meninjau murid-murid SMKN 5 Sukabumi yang sedang melakukan Uji Kompetensi Keahlian di Kelas Membatik.(r4)