. . .

SPKKL Sambas dan Pos SAR Sintete Bahas Pelatihan Desa Maritim Selakau

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, SAMBAS –  Bakamla RI bekerjasama dengan BNPP akan segera mengadakan pelatihan terhadap masyarakat nelayan Desa Maritim Selakau di Sambas. Guna pembahasan lanjut, Kepala Pos SAR Sintete berkunjung ke kantor SPKKL Sambas Bakamla, di Sambas, Prov. Kalimantan Barat, Kamis (24/1/2019).

Perbincangan antara Kepala Pos SAR Sintete Hermansyah, S.H. bersama Kepala SPKKL Sambas Mayor Bakamla Arief Purwantono, S.E. meliputi dukungan infrastruktur dan peralatan dari BNPP selama pelatihan berlangsung. Adapun materi pelatihan yang akan diberikan yaitu penanganan korban di air atau di laut dan first medical aid. Selain itu BNPP juga berencana untuk mengeluarkan sertifikasi untuk peserta pelatihan.

Desa maritim Selakau merupakan salah satu dari tiga desa maritim binaan Bakamla. Selain Desa Selakau di Sambas ada pula Desa Maritim Cemaga di Natuna dan Desa Maritim Panimbang Jaya di Banten. Mengingat sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai nelayan, maka pemberdayaan terhadap masyarakat desa maritim salah satunya yaitu dengan memberikan pelatihan cara bertahan hidup di laut sehingga pada saat ada kejadian yang tidak diinginkan di laut, mereka dapat menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain.

Pada kesempatan tersebut, Ka Pos SAR Sintete beserta anggotanya tidak melewatkan pula kesempatan untuk mengunjungi puskodal SPKKL Sambas dan melihat langsung peralatan pemantauan yang digunakan Bakamla dalam tugas pengawasan perairan sehari-hari. (rls)

error: Content is protected !!