. . .

Sosialisasi Empat Pilar, Ir Alimin: Mudahkan Pemahaman Masyarakat Tentang Pancasila

image_print

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN.
‎Guna mudah dipahami bagi seluruh lapisan masyarakat khalayak umum secara utuh tentang Pancasila sebagai dasar idiologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bedasarkan UUD 1945 dan Bhineka tunggal ika, Fraksi PAN MPR-RI Sosialisasikan empat Pilar.

‎Hal tersebut diungkapkan Ketua Fraksi PAN MPR-RI Komisi 1 Bidang Hankam Ir.Alimin abdullah di Balai Tiyuh (Desa) Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung pada (19/7/2018) pukul 10:00 Wib.

‎Menurut Ir.Alimin abdullah dalam sambutannya menjelaskan. Sosialisasi 4 Pilar Pancasila tersebut bertujuan untuk lebih memberikan pemahaman dan wawasan tentang kebangsaan kepada masyarakat khusunya Rakyat Indonesia dalam berjiwa Pacasila.

” Tugas kami sebagai perwakilan rakya yang di amanahkan duduk di MPR – RI adalah memasyarakatkan nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yakni Pancasila, UUD RI 1945‎ serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Tentunya,  ini sangat penting agar nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dapat hidup ditengah-tengah masyarakat mengingat budaya bangsa tersebut, sesuai amanat Pasal 5 UU No 17 Tahun 2014 jo Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.” Katanya saat di kutip Translampung.com

Lanjut dia, dalam setiap denyut nadi anak bangsa untuk membentuk Negara yang berazas Demokrasi memerlukan kesadaran dan komitmen seluruh warga masyarakat untuk memantapkan persatuan dan kesatuan nasional, yang hanya dapat dicapai apabila setiap warga masyarakat mampu hidup dalam kemajemukan dan mengelolanya dengan baik.

” Ketetapan MPR merupakan modal untuk membangun bangsa yang majemuk. Oleh Karena itu,  pemahaman yang komprehensif terhadap materi tersebut merupakan suatu keharusan dan kebutuhan dalam rangka memudahkan menyampaikan materi sosialisasi, Badan Sosialisasi sebagai Alat Kelengkapan MPR yang bertugas menyusun materi dan metodologi serta memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan kegiatan pemasyarakatan secara menyeluruh.” Katanya.

Bedasarkan pantauan Translampung.com tanpak hadir pada kegiatan sosialisasi empat pilar tersebut‎ Ketua Fraksi Partai PAN MPR-RI Bidang Hankam Ir.Alimin Abdullah,  Anggota DPRD Prov.Lampung Hamidi S.E,  Kadis PMDT di wakili oleh Kabid Pemberdayaan masyarakat Iwan Setiawan SH.MH, Seluruh Camat Se-Tubaba, Danramil 412-01 TBT di wakili oleh Serka Agus Hermanto dan Sertu Okky,  Kapolsek TBT di wakili oleh Aipda Supriyadi, Lurah Panaragan Jaya, dan  Seluruh Kepala Tiyuh Se-Kecamatan TBT. (Dirman)