Soal Pengembangan Muara Indah Teluk Semaka, Ini Kesiapan para Stakeholder

0
205
views
SIAP BERSINERGI: Para Kepala OPD lingkup Pemkab Tanggamus siap bersinergi demi pengembangan Taman Wisata Muara Indah Teluk Semaka yang akan menjadi ikon dan kebanggaan kabupaten setempat. (FOTO: DOKUMENTASI BAPPEDA TANGGAMUS)

 

translampung.com, TANGGAMUS – Tak hanya BAPPEDA Tanggamus, stakeholder terkait juga sangat bersemangat membangun Taman Wisata Muara Indah Teluk Semaka. Masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) siap mensinergikan program Rencana Kerja (RENJA) 2018 – 2019 demi pengembangan lokasi wisata yang terbentang di Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung itu.

USULKAN PENANGGULANGAN SAMPAH: Camat Kotaagung Wiwin Triyani mengusulkan agar Pemkab Tanggamus menambah anggaran untuk menanggulangi sampah yang nantinya merupakan limbah dari Taman Wisata Muara Indah Teluk Semaka. (FOTO: DOKUMENTASI BAPPEDA TANGGAMUS)

Camat Kotaagung Wiwin Triyani mengaku sangat mendukung program Pemkab Tanggamus mendirikan Taman Wisata Muara Indah Teluk Semaka. Namun selain dukungan, Wiwin juga juga fokus menyoroti aspek kebersihan dan penangulangan sampah di lokasi taman wisata.

Fokus Camat Kotaagung itu terlihat dari usulannya, agar di tahun depan, Pemkab Tanggamus dapat menganggarkan pengendalian sampah. Seperti untuk penyediaan kendaraan kebersihan dan menambah tenaga kebersihan di lokasi wisata.

“Kita semua harus bersiap mengantisipasi limbah sampah dari lokasi wisata. Sehingga nantinya pengunjung yang datang merasa nyaman karena lingkungan lokasi wisata yang bersih dan bebas dari sampah,” ujar camat yang baru tiga bulanan bertugas di Kotaagung itu.

Lalu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanggamus Edi Narimo, mengaku akan mendukung penuh terhadap rencana penngembangan Taman Wisata Muara Indah Teluk Semaka. Pihaknya akan menyiapkan pembangunan dermaga kapal serta penyediaan kapal cepat dan jet ski.

“Kapal cepat ini untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi kepulauan di Tanggamus,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus Retno Noviana mengaku, Taman Wisata Muara Indah Teluk Semaka merupakan gagasan sekaligus gebrakan luar biasa dari pemkab dalam bidang pariwisata. Maka ia sangat berharap, masyarakat Tanggamus bersedia mendukung pembangunan taman wisata ikonik itu.

“Setelah nanti jadi dan dibuka, ya masyarakat Tanggamus, terutama sekitar lokasi taman wisata harus merawat dan menjaga fasilitas di dalamnya. Kami yakin ini akan menjadi kebanggaan kita semua,” ajak Retno.

Kemudian Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Tanggamus Yumin, mengaku sudah menegaskan seluruh personelnya untuk proaktif mengamankan lokasi taman wisata. Tak hanya itu, tetapi SatPol PP juga siap mengawal dan mengamankan pembangunan taman wisata dari awal sampai selesai.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tanggamus Riswanda Junaidi menambahkan, pihaknya juga akan membangun wahana olahraga mini di lokasi taman wisata selain membangun patung setinggi 13 meter. Dia mengatakan, konsep wahana olahraga mini itu sengaja diadopsi dari lokasi wisata Kalijodo, Jakarta.

“Kami optimis konsep itu bisa juga diterapkan di lokasi Taman Wisata Muara Indah Teluk Semaka. Dengan demikian, selain menikmati keindahan pesisir Teluk Semaka, jika pengunjung mau berolahraga juga bisa,” tandas Riswanda. (ayp)