. . .

Soal Kabut Asap di Way Kanan, Begini Penjelasan BMKG Lampung

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, WAY KANAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung membenarkan terdapat Kabut Asap yang menyelimuti beberapa wilayah di Provinsi Lampung.

Adapun daerah yang terdampak sebaran Asap yakni Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Way Kanan. Arah sebaran Asap Provinsi Lampung di perkiralan menyebar ke arah Barat Laut dan Timur Laut.

Wilayah yang tersebar Kabut Asap (Dilingkari Garis Merah)

Hal ini di sampaikan oleh BMKG melalui Tim Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung kepada Translampung.com saat dikonfirmasi melalui Via WhatsApp Minggu (10/11/2019).

Namun, ketika ditanya darimanakah Kabut Asap tersebut berasal dan adakah titik Api yang menyebabkan Kabut Asap terjadi, Tim Forecaster mengatakan bahwa mereka tidak memiliki wewenang untuk menyampaikan hal itu. Karena BMKG hanya menyediakan informasi titik panas (hotspot) sedangkan untuk titik api/kebakaran itu berdasarkan penelusuran langsung/info warga lokal.

“Mohon maaf sebelumnya pak, kami sampaikan bahwa wewenang BMKG hanya menyampaikan informasi titik panas(hotspot) bekerja sama dg LAPAN dan KLHK, dengan informasi sebagaimana tercantum di website BMKG/LAPAN. Perkara hotspot itu berupa titik api atau bukan, maka dari informasi hotspot yg kami sampaikan itu perlu untuk disurvei di lapangan yang biasanya dilakukan oleh BPBD/TNI/Polri atau instansi lain yang memiliki fungsi dan wewenang itu,” ujar Tim Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung.

Diketahui bahwa, sebelumnya sudah Tiga hari sejak hari jumat kemarin, Kabut Asap menyelimuti wilayah Kabupaten Way Kanan dan menjadi perbincangan hangat di masyarakat. jika Kabut Asap terus menerus terjadi dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan masyarakat. (Migo).

error: Content is protected !!