Soal Banjir di Tanggamus, Firman Ranie: Harus Segera Normalisasi Sungai!
PERTARUHKAN NYAWA: Satu keluarga yang tinggal di sebuah rumah tepat di bantaran Way Semuong mempertaruhkan nyawa mereka, saat banjir datang dan menggerus sebagian rumah mereka. (Foto: DISKOMINFOSANDI TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Asisten III Sekretariat Daerah Tanggamus Firman Ranie, mewakili Penjabat Bupati Ir. Zainal Abidin, menegaskan normalisasi Way Semuong dan Way Semaka adalah satu-satunya solusi agar Kecamatan Bandarnegeri Semuong dan Semaka tidak terus menjadi “langganan” banjir.

Hal itu disampaikan Firman Ranie saat rombongan Pemkab Tanggamus meninjau langsung lokasi banjir di Pekon Banding, Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Rabu (4/4).

Firman Ranie yang dikonfirmasi di sela-sela peninjauan dengan tegas mengatakan, normalisasi sungai merupakan satu-satunya cara, agar Way Semuong dan Way Semaka tidak meluap lagi dan memicu banjir bandang. Apalagi selama ini, dua sungai itu menjadi momok yang menakuti warga ketika hujan deras mengguyur wilayah setempat.

TINJAU LOKASI: Asisten III Setda Tanggamus Firman Ranie (paling depan) mewakili Pj. Bupati Zainal Abidin, meninjau langsung lokasi banjir di Kecamatan BNS dan meminta BPBD segera memproses normalisasi Way Semuong. (Foto: DISKOMINFOSANDI TANGGAMUS)

”Sangat kasihan warga yang rumahnya rusak, apalagi mereka yang rumahnya hanyut. Belum lagi penduduk sekitar Way Semuong yang rumahnya terendam. Selama  ini kondisi Way Semuong memang sudah dangkal. Aliran sungai pada belokan air sudah tidak terarah. Ditambah kondisi tanggul yang tipis dan beronjong penahan banjir yang sebagian besar sudah tidak layak lagi. Satu-satunya cara adalah normalisasi,” tegas Firman Ranie kepada awak media yang meliput.

Dia menambahkan, peninjauan langsung ke lokasi banjir, juga sebagai bentuk kepeduliannya Penjabat Bupati Tanggamus Zainal Abidin, yang dalam hal ini diwakilinya bersama oleh Asisten I Paksi Marga dan Asisten II FB. Karjiono. Turut mendampingi pula Kabid Humas dan Infokom Diskominfosandi Tanggamus Derius Putrawan mewakili Kepala Diskominfosandi Sabaruddin, Camat Bandarnegeri Semuong Suwandi, dan Kepala Pekon Banding Abu Sofyan. (ayp)

News Reporter