SMPN1 Pesibar Gunakan BOS untuk Tingkatkan Sarpras

TRANSLAMPUNG.COM, PESISIRBARAT – Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN1), Kecamatan Lemong realisasikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2017, untuk peningkatan mutu siswa dan renovasi ringan sekolah.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN1 Lemong, Sugeng Santoso mengatakan, meskipun BOS sekolahnya tergolong minim, namun kualitas sekolah tetap diutamakan.

“Terutama belajar mengajar siswa harus menjadi proritas. Dan perenovasian menjadi perhatian, trutama kebutuhan lokal,” ujarnya.

Dijelaskannya, adapun BOS untuk SMPN1 Lemong yakni Rp160 juta untuk tahun 2017. Mengingat besaran dana BOS tersebut berdasarkan jumlah siswa.

“Ya karena siswanya sedikit jadi BOS nya juga sedikit. Karena tiap siswa dan siswi masing-masing Rp1 juta, dikalikan dengan jumlah murid sebanyak 160 siswa maka timbulah jumlah tersebut,” terangnya.

Meski demikian, SMPN1 Lemong sangat optimis pada realisasi BOS tahun 2017, dan realisasi BOS tahun 2018 ini akan dipergunakan secara maksimal dan terutama untuk peningkatan penunjang fasilitas dan sarana prasarana sekolah.

“BOS tahun kemarin, kami gunakan untuk membayar guru honorer, pembelian buku sekolah, dan mengisi ruangan laboratorium (Lab) fisika guna penelitian bagi siswa dan siswi,” terangnya.

Selain itu juga, masih menurut Kepsek yang baru menjabat dua tahun di sekolah tersebut adapun realisasi BOS tersebut, selain untuk Lab Fisika juga untuk merenovasi ringan berupa pengecatan gedung dan pembuatan gedung perpustakaan sekolah beserta pemindahan lapangan basket ball.

“Walaupun dana BOS terbatas untuk sekolah SMPN1 Lemong, namun saya berinisiatif jangan sampai ketinggalan dari sekolah-sekolah setingkat SMPN lainnya yang ada di Kabupaten Pesibar utama fasilitas. Dengan demikian bentuk inisiatif saya yakni dengan membuat batako sendiri sehingga pembuatan gedung perpustakaan dan Lab sudah bisa digunakan oleh siswa tanpa memakan dana yang besar,” jelas Sugeng Kepada Trans Lampung di ruangannya, Sabtu (24/2).

Sugeng, mengharapkan dengan adanya fasilitas tambahan tersebut bisa meningkatkan minat siswa dan siswi untuk bersekolah di SMPN1 Lemong pada tahun ajaran baru di tahun 2018 ini.

“Kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah Pesibar supaya bisa menerima usulan yang telah diusulkan oleh sekolah kami untuk peningkatan bantuan ke sekolah-sekolah bisa lebih ditingkatkan,” tandasnya. (r7/hkw)

News Reporter