SK Tunjangan Profesi Guru Dikdas Lampura Masih Dalam Proses

0
518
views

Kotabumi – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) saat ini tengah melakukan verifikasi Surat Keputusan (SK) Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau sertifikasi. Namun ribuan guru pendidikan dasar (Dikdas) di Kabupaten Lampura yang telah memiliki SK tersebut harus bersabar menunggu proses pencairan tunjangan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Kurikulum Bidang Dikdas Disdik Kabupaten Lampura, Amalia Umnis, kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya, Kamis (28/4),” Kami masih melakukan verifikasi berkas,”ujarnya.

Dikatakannya, langkah tersebut dilakukan atas dasar Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor:0080.1203/TP/B/3/TI/2016 tentang penerima tunjangan profesi bagi guru PNS pada jenjang Pendidikan Dasar di Kabupaten Lampung Utara untuk semester 1. Dimana poin keempat dalam surat keputusan itu, menyebutkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota wajib melalukan verifikasi dan penyesuaian data guru, sebagaimana dimaksud pada diktum pertama sebelum melakukan pembayaran tunjangan profesi.
“Kalau tidak diverifikasi pasti akan terjadi kesalahan. Sebagai contoh, kami memeriksa secara acak 17 dari 20 berkas yang sudah ada, ternyata ada kesalahan di gaji pokok serta pangkat. Dan kalau tidak diperbaiki tentu akan merugikan yang bersangkutan. Ketika ditemukan kesalahan dalam berkas itu, kami langsung memperbaikinya sesuai dengan bukti fisik yang ada,”katanya.

Karena itu, lanjut Amalia, pihaknya meminta agar para guru dapat bersabar, mengingat banyaknya jumlah berkas yang akan mereka verifikasi.
“Berkas guru dikdas yang akan kami verifikasi sebanyak 2.889 orang, dan sampai saat ini baru 1.200 orang yang sudah kami verifikasi. Sedangkan untuk berkas pengawas sebanyak 115 orang. Kemungkinan besar jika terdapat kesalahan, itu dilakukan oleh operator,”papar
wanita berhijab ini.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, jika kendala yang dihadapi pihaknya dalam memverifikasi berkas, yakni masih banyak berkas yang belum dikirimkan ke pihaknya.
Ketika ditanya berapa jumlah dana yang telah dipersiapkan untuk pembayaran tunjangan tersebut, dengan gamblang Amelia menyebutkan sebanyak Rp 8 miliar yang telah ditransfer dari pusat, dan Rp 92 miliar yang berasal dari SILPA.
“Kami harap bagi yang telah memiliki SK, agar bersabar, karena semuanya masih dalam proses. Ketika semua sudah selesai diverifikasi, maka langsung dikucurkan dana tersebut ke rekening masing- masing,”pungkasnya (Qin)

LEAVE A REPLY