Siswa Lamteng Tertarik dalami Technopreneurship

0
220
views

TRANSLAMPUNG.COM, Bandarlampung-Tertarik mendalami ilmu tentang technopreneurship, sebanyak 40 siswa SMK IT Baitun NurPunggur Lampung Tengah melakukan kunjungan industri ke Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, kemarin (20/2).

Mewakili Kepala Sekolah, Didi Noviriadi, SKom mengatakan, kehadiran siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa dibidang teknologi informasi (IT) dan ekonomi bisnis serta memotivasi mereka untuk melanjutkan pendidikan tinggi.
Salah satu siswa, Syarifudinmengaku bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang dapat membuka lapangan perkerjaan bagi orang lain dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Melalui kunjungan industri ini, saya jadi mengetahui bahwa Darmajaya merupakan perguruan tinggi yang mendukung para mahasiswa untuk mengembangkan jiwa berwirausaha,” ujarnya.

Lanjut siswa yang akrab disapa Arif ini, ia tertarik dengan upaya Darmajaya membentuk lulusan berjiwa technopreneurship melalui Inkubator Bisnis dan Teknologi (Inkubitek).

“Saya ingin belajar membangun jiwa technopreneurship, menjadi pengusaha yang dapat berbisnis dengan pemanfaatan teknologi. Saya juga tertarik dengan dukungan Darmajaya yang memotivasi dan membimbing para mahasiswa untuk meraih hibah kewirausahaan dari Kementerian Riset Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti)maupun institusi,” tuturnya.

Hal itu senada dengan pemaparan yang disampaikan Ketua Jurusan Sistem Komputer Zaidir Jamal. Dikatakannya, Darmajaya berupaya membentuk lulusan-lulusan yang berkualitas, berdaya saing global, dan berjiwa technoprenership.

“Melalui Inkubitek, Darmajaya mewadahi mahasiswa untuk mengembangkan bisnis mereka serta menambah pemahaman tentang kewirausahaan dengan menghadirkan praktisi bisnis dalam kegiatan seminar, pelatihan, dan bazar,” paparnya.

Selain itu, tambah Zaidir Jamal, Darmajaya juga menyediakan banyak beasiswa bagi calon mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Diantaranya beasiswa Bidik Misi,Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari pemerintah, hafidz Qur’an dan yatim piatu dari Yayasan Alfian Husin, serta beasiswa lainnya dari perusahaan mitra.

“Darmajaya juga menyediakan beasiswa ke luar negeri bagi mahasiswa melalui bermacam program internasional seperti Student Mobillity, Passage to ASEAN, joint degree, joint research, dan lainnya bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri dari Asia hingga Eropa,” pungkasnya.(*)